Yuk! Jajal Serunya Memanah di Stand Magelang Archery Club!

Dilihat 4687 kali
Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto jajal olahraga panahan di stand Magelang Archery Club

BERITAMAGELANG.ID - Tidak hanya bazaar buku, Pameran Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Magelang 2018 juga diramaikan dengan hadirnya stand komunitas olahraga panahan, Magelang Archery Club (MAC). Di stand ini para pengunjung bisa menjajal langsung olahraga satu ini karena panitia sudah menyediakan busur, anak panah, lengkap dengan papan target panahan.

"MAC ini adalah suatu klub panahan yang berdiri sekitar setahun yang lalu, kami mencoba mengembangkan panahan di Kabupaten Magelang," kata salah satu pelatih MAC, Yudhi Wiratmoko, saat ditemui BeritaMagelang.id di sela Pameran Perpustakan dan Arsip di Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Magelang, Muntilan, Jumat (27/07).

Baru setahun berdiri, MAC sudah rutin mengadakan latihan dan event-event lomba panahan, termasuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah. Baru-baru ini, salah satu anggotanya berhasil meraih medali emas kategori beregu putra SMA, sementara kategori putri SMA juga menjuarai Popda Jawa Tengah.

"Sekarang kita sedang persiapan juga untuk Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jateng pada bulan Oktober," lanjutnya.



Aktivitas latihan memanah di Magelang Archery Club

Untuk belajar memanah, lanjut Yudhi, idealnya bisa dimulai saat usia anak enam tahun. Ada dua jenis panah yang bisa ditekuni, yakni untuk sekedar hobi atau prestasi.

"Untuk hobi ada jenis horsebow, jemparing dan barebow. Sementara untuk yang dipertandingkan resmi ada compound dan recurve standar nasional dan internasional," jelasnya.

Hingga saat ini MAC sudah memiliki 8 orang pelatih dan 52 anggota bervariasi mulai dari usia playgroup hingga SMA. Latihan diadakan rutin empat kali dalam seminggu.

"Kalau yang playgroup masih sebatas pengenalan aja sih karena busur (panah) itu harus sesuai tinggi badan, kekuatan dan rentang tangan si anak," terangnya.

Yudhi berharap, dengan adanya MAC, olahraga panahan ini bisa semakin dikenal masyarakat, mampu meningkatkan prestasi anak-anak, sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Magelang.

"Dari Pemerintah sendiri juga sudah cukup baik dukungannya karena kemarin kami sudah diikutkan dalam Popda Kabupaten dan akan maju dalam Porprov Jawa Tengah," pungkasnya.

Di Kabupaten Magelang, ada beberapa klub olah raga panahan, beberapa atlet sudah mendulang prestasi dengan mengantongi juara dalam berbagai event di tingkat Jawa Tengah, regional Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bahkan tingkat nasional. 

Jika penasaran dengan sensasi olahraga panahan, anda bisa kunjungi stand MAC di Pameran Perpustakaan, Arsip dan Bazaar Buku Kabupaten Magelang yang masih akan digelar hingga 30 Juli mendatang di halaman Gedung Perpusda Muntilan. 

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan gaya ala atlet panahan professional lengkap dengan aksesorisnya.

 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar