Warga 18 Tahun Kini Bisa Vaksinasi Booster Kedua

Dilihat 1805 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, dr. Sunaryo menyampaikan vaksin keempat (booster kedua) untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas sudah mulai dilakukan. Vaksin booster ini telah dilakukan di seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Magelang.


"Saat ini kita (Dinkes) baru dapat stok vaksin 500 vial untuk reguler 3.000 dosis, untuk booster satu dan dua bisa 6.000 dosis. Jadi masih tersedia banyak. Vaksin booster ini sudah dimulai sejak tanggal 24 Januari untuk usia 18 tahun ke atas," terang dr. Sunaryo saat konferensi pers di Balkondes Karangrejo, Jumat (27/1/2023).


Lebih lanjut, Sunaryo mengatakan merek vaksin yang tersedia saat ini adalah pfizer dan yang berikutnya ada vaksin Indovac. Bagi warga Kabupaten Magelang yang ingin mendapatkan vaksin booster kedua ini bisa langsung mendatangi seluruh Puskesmas di Kabupaten Magelang.


Menurutnya, kecepatan vaksinasi saat ini sangat berbeda jauh dibandingkan beberapa waktu lalu. Antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin booster semakin menurun.


"Saya kira 1.000 dosis sampai hari Jumat (27/1) belum terpakai semua. Kami mencatat terus pagi berapa, sore berapa kami mencatat terus," ungkapnya.


Pada kesempatan yang sama, dr. Sunaryo mengimbau kembali kepada masyarakat bagi yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua untuk segera bisa menerima vaksin di puskesmas terdekat.


“Untuk yang sudah mendapatkan vaksin pertama jangan sampai terlewat untuk mendapatkan vaksin keduanya jangan sampai drop out (DO) melewati masanya (lebih dari 6 bulan) sehingga harus mengulang kembali dosis pertama," tandas Sunaryo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar