Tidak Perlu Antre, Daftar Berobat ke RSUD Muntilan Lewat Aplikasi SIMPONI

Dilihat 984 kali
DIrektur RSUD Muntilan, Dr. M. Syukri MPH
BERITAMAGELANG.ID - Masyarakat Kabupaten Magelang kini semakin dipermudah dalam mengakses layanan kesehatan, terutama di RSUD Muntilan. Mulai bulan Juni, warga tidak perlu lagi mengantre untuk mendaftar saat mau berobat.

"Kami memberikan kemudahan akses dan kepastian akan terlayani bila berkunjung ke klinik Rawat Jalan dengan mendaftar melalui aplikasi Simponi (Sistem Pendaftaran Online) RSUD Muntilan," demikian disampaikan DIrektur RSUD Muntilan, Dr. M. Syukri MPH, Selasa (30/6/2020).

Dr. Syukri memaparkan, salah satu solusi dalam memasuki normal baru adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan IT untuk pelayanan, yakni melalui pendaftaran online. Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui jumlah antrean di poliklinik dan jadwal praktek dokter spesialis.

"Dengan pendaftaran online, physical distancing dan mengurangi kerumunan akan berjalan karena pasien tidak perlu datang di waktu bersamaan ke RS untuk 'ngantre lama di pendaftaran," ujarnya.

Bagi pasien yang mendaftar online, lanjutnya, disediakan loket khusus dan hanya butuh waktu sebentar untuk verifikasi dan diarahkan langsung ke poliklinik yang dituju.

"Alhamdulillah respon masyarakat bagus sekali. Dengan edukasi dan pemberian informasi oleh petugas, saat ini semua klinik spesialis setiap hari sudah ada yang daftar melalui online. Total yang sudah online tiap hari antara 20-30 pasien," ungkapnya.

Meski saat ini baru sekitar 10-15 persen dari total kunjungan rawat jalan yang mendaftar melalui Simponi, menurut Dr. Syukri, aplikasi berbasis android ini sudah siap digunakan, didukung SDM IT, petugas pendaftaran, serta dokter yang akan melayani.

"Semua sudah ikut berproses dan sangat mendukung saat mempersiapkan pendaftaran online ini," tegasnya.

Dalam waktu dekat, aplikasi Simponi akan dilaunching Bupati Magelang Zaenal Arifin. Aplikasi ini juga menjadi salah satu Quick Win Smart City Kabupaten Magelang di RSUD Muntilan.

Dr. M. Syukri mengimbau masyarakat segera beralih ke pendaftaran online agar bisa mendapatakan pelayanan yang lebih nyaman, ada kepastian bisa terlayani dan menjadi salah satu solusi pelayanan dalam masa pandemi covid-19 di RSUD Muntilan.

"Semoga masyarakat semakin puas dengan pelayanan kami," tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar