Pj Sekda Adi Waryanto: Soliditas, Kata Kunci Keberhasilan Pembangunan Kabupaten Magelang

Dilihat 416 kali
Pj Sekda Kabupaten Magelang, Drs. Adi Waryanto

BERITAMAGELANG.ID - Untuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah, Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP melantik Penjabat baru untuk menggantikan Drs. Endra Endah Wacana yang sudah habis masa jabatannya. Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang, Drs. Adi Waryanto dilantik sebagai Penjabat Sekda Kabupaten Magelang, Rabu (28/11). Di sela kesibukannya, Berita Magelang berhasil mendapat kesempatan wawancara eksklusif dengan Drs. Adi Waryanto di ruang kerjanya, Jumat (30/11). Dan berikut ini kami hadirkan perbincangan santai dengan Penjabat Sekda Kabupaten Magelang, Drs. Adi Waryanto dalam sesi Wawancara.


Selamat siang Pak Adi, kami ucapkan selamat atas pelantikannya sebagai Penjabat Sekda Kabupaten Magelang. Setelah ini apa agenda atau program kerja bapak?


Terima kasih. Jadi, setelah saya diberi amanah dari Pak Bupati, dilantik sebagai Penjabat Sekda, sudah barang tentu tugas-tugas saya sebagaimana disampaikan di dalam amanat ataupun sambutan Bupati pada saat pelantikan itu saya akan berupaya untuk membantu beliau, utamanya dalam hal penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif lainnya.


Kemudian fungsi pengkoordinasian termasuk melakukan pengkoordinasian tugas terhadap SKPD, kemudian pembinaan Aparatur Sipil Negara pada perangkat daerah, melakaukan pemantauan, evaluasi, pelaksanaan kebijakan serta pelaksanaan fungsi lain yang beliau berikan kepada saya.


Kemudian kalau terkait dengan kebijakan yang sudah digariskan Pak Bupati di dalam Visi Misi beliau, sudah barang tentu saya hanya tinggal melanjutkan saja dari pendahulu saya untuk mengemban apa yang menjadi Visi Misi Pak Bupati.


Adakah inovasi bapak untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Magelang?


Yang jelas, yang pertama semakin memantapkan konsolidasi internal, soliditas internal SKPD. Itu merupakan kata kunci keberhasilan Visi Misi maupun target-target RPJMD Pak Bupati. Kemudian selain soliditas, juga pemantapan pola koordinasi di antara SKPD. Dimana koordinasi ini merupakan sesuatu yang sangat mudah untuk diucapkan tetapi dalam hal pelaksanaannya tidak mudah, dan itu mempengaruhi keberhasilan sasaran ataupun target yang ingin dicapai.


Ya ini upaya ataupun hal yang menjadi prioritas ataupun inovasi yang harus saya kembangkan agar soliditas dan pola koordinasi ini semakin mantap dan semakin matang sehingga tugas-tugas SKPD dalam memberikan pelayanan masyarakat, pelaksanaan tugas pemerinthaan maupun pembangunan bisa tercapai sesuai target yang sudah ditetapkan.


Menurut Pak Adi bagaimana kondisi aktual di SKPD terkait soliditas?


Saya kira perlu peningkatan ya, baik kinerja, etos kerja, disiplin kerja, dan budaya kerja, itu perlu terus didorong untuk semakin baik. Kalau kondisinya saya kira masih dalam batas yang toleransi.


Apa mimpi atau harapan bapak untuk memajukan Kabupaten Magelang baik sebagai kepala bppkad maupun penjabat sekda?


Harapan kami, harapan saya, bahkan mungkin harapan masyarakat, selaku Aparatur Sipil Negara, mari apa yang menjadi tugas pokok fungsi masing-masing, (Pejabat) Struktural, Fungsional, lakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan sumpah jabatan yang sudah diucapkan.


Diharapkan apabila semuanya melakukan itu Insya Allah harapan publik bisa tercapai. Ekspektasi publik sekarang semakin meningkat, saya kira kalau semua melakukan dengan Tupoksi, dengan mengingat sumpah jabatan yang sudah diucapkan, Insya Allah semua bisa tercapai dengan baik dan optimal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar