Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadan, Sahur Diimbau Mendekati Imsak

Dilihat 1433 kali
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti

BERITAMAGELANG.ID - Proses vaksinasi covid-19 di Kabupaten Magelang masih terus berlangsung. Pada tahap kedua ini sasaran vaksinasi diprioritaskan bagi para lansia. Meski di bulan Ramadan, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang berharap para sasaran vaksinasi terutama para lansia ini tetap berkenan divaksinasi.


"Jadi sudah ada imbauan dan surat edaran dari MUI, vaksin itu tidak membatalkan puasa. Namun, memang sebelum divaksin persiapannya, harapannya kalau beliau puasa, dahar (makan) sahurnya diakhirkan, mendekati imsak," demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti saat ditemui di sela kegiatan vaksinasi covid-19 di Puskesmas Kota Mungkid, Rabu (14/4/2021).


Dengan mempersiapkan diri sebelumnya, sehingga pada saat dilakukan vaksinasi diharapkan kondisi tubuh masih segar, dan memiliki kekuatan yang baik untuk menerima vaksin.


"Insya Alloh kalau itu dilakukan nanti tetap sehat. Jangan lupa tetap terapkan prokes, protokol kesehatan, tetap pakai masker dimanapun berada, kemudian jaga jarak, cuci tangan itu tidak boleh lupa," pesannya.


Kadinkes menjelaskan, jumlah lansia di Kabupaten Magelang sangat banyak.


"Dan juga lansia itu rentan terhadap pengaruh corona virus, sehingga harapannya dengan kita lindungi lansia, angka kesakitan juga makin menurun, juga para lansia ini tetap sehat," harapnya.


Pendataan vaksinasi lansia dilakukan berbasis kewilayahan, dari kecamatan dan desa mendata siapa yang siap untuk divaksinasi, kemudian diinformasikan kapan waktu dan tempatnya mendekati domisili warga tersebut.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar