KSPN Berpengaruh Positif Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Dilihat 1818 kali
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein
BERITAMAGELANG.ID - Sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein menyambut baik hal tersebut, karena akan berpengaruh positif terhadap kunjungan wisata.

"Yang mana kami harus pandai menangkap peluang itu dengan menyiapkan program dan kebijakan juga tentunya," ucap Husein.

Husein menjelaskan Pemerintah Kabupaten Magelang telah menyiapkan program dan kebijakan untuk bersinergi dengan program pariwisata nasional.

"Kebijakan Pembangunan Pariwisata dan New Normal di Kabupaten Magelang, dengan Visi Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Magelang, yaitu Terwujudnya Kabupaten Magelang Sebagai Kabupaten Wisata Yang Berdaya Saing Dan Berwawasan Budaya," terang Husein.

Hal tersebut diterjemahkan dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten Magelang, terdapat empat tema yaitu Pengembangan Wisata Alam dan Budaya Gunung Sumbing, Pengembangan Saujana Alam Lembah Merapi dan Merbabu, Pengembangan Wisata Vulkanologi dan Budaya Merapi, serta tema Borobudur Dalam Bayangan Merapi.

Tema tersebut mengacu kepada potensi wisata di berbagai penjuru Kabupaten Magelang, mulai dari sisi barat, utara, timur dan selatan.

"Adanya KSPN menjadi magnet yang mengundang wisatawan ke Borobudur, maka tugas kita adalah wisatawan dapat juga berkunjung ke semua penjuru Kabupaten Magelang, yang tentunya akan memberi dampak kesejahteraan kepada masyarakat sekitar dan masyarakat Magelang pada umumnya," terang Husein.

Husein menjelaskan secara mekanisme untuk dapat menarik wisatawan menyebar ke penjuru Kabupaten Magelang, salah satunya dengan program paket wisata. Selain berkunjung ke Candi Borobudur wisatawan juga diantar berkeliling objek wisata menarik lainnya di Kabupaten Magelang.

Selain itu juga terdapat 61 Desa Wisata se Kabupaten Magelang, secara administrasi dikuatkan dengan SK Bupati Magelang tentang penetapan Desa Wisata. Hal tersebut untuk memperkuat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

"Kami fokus kegiatan ke depan penguatan Desa Wisata dengan Bimtek pelatihan untuk kesiapan mereka," papar Husein.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar