Hari Rabies Sedunia, Pemkab Magelang Berikan Vaksin Gratis

Dilihat 165 kali
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Ir. Sri Hartini

BERITAMAGELANG.ID - Hari Rabies Sedunia (HRS) diperingati setiap 28 September. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan rabies dan untuk menyoroti kemajuan dalam mengalahkan penyakit mengerikan ini.

Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Peternakan dan Perikanan akan menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis bagi anjing dan kucing pada 1 sampai dengan 6 Oktober 2018. Pemberian vaksin gratis akan dilakukan di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang.

Terkait Peringatan Hari Rabies Sedunia dan kondisinya di Kabupaten Magelang, kami hadirkan wawancara eksklusif bersama Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Ir. Sri Hartini.

Apa tujuan dari program ini ?

Bahwa penyakit rabies itu bisa menular (pada) orang, makanya sampai ada Hari Rabies Sedunia. Oleh karena itu acara di kita, kita punya obat-obatnya, makanya kita adakan pengobatan gratis karena kalau kita door to door kan tidak setiap rumah mempunyai anjing atau kucing. Makanya kita umumkan secara luas untuk hadir ke Dinas (Dispeterikan) mulai tanggal 1 sampai 6 Oktober 2018. Kita melakukan pelayanan penyuntikan ternak anjing dan kucing, kera juga bisa karena itu bisa terkena rabies.

Sudah ke berapa kali dilakukan?

Kegiatan yang tahun ini baru akan dimulai, jadi setiap tahun kami laksanakan kan ada Hari Rabies Sedunia

Kenapa hanya anjing dan kucing yang divaksin gratis?

Yang kena kan cuma itu anjing, kucing, kera juga bisa. Untuk pengobatan ternak ada, kami keliling jadi kami tentukan waktunya, tapi pengobatan ternak lain gratis juga ada, kita sudah jalan beberapa waktu, jadi ada desa minta ada pengobatan gratis, kita akan datang ke sana.  Mereka mengumpulkan ternaknya lalu kita datang melakukan pengobatan gratis, jadi Pemerintah menyediakan dana itu untuk pengobatan gratis ternak di masyarakat. Kita menerjunkan tim kadang 14 orang dari medis, dari PNS maupun Non PNS kita gerakan pengobatan massal selain rabies itu.

Apa saja kriteria kucing dan anjing yang bisa mendapat vaksin gratis?

Syaratnya hewan harus sehat, sudah diberi obat cacing seminggu sebelumnya, dan umur hewan minimal 3 bulan. Jadi itu persyaratan medis hewan yang boleh divaksin. 

Bagaimana data rabies di Kabupaten Magelang?

Sebelumnya di Kabupaten Magelang tidak ada, tapi kan kita bisa waspada kan nggak ada salahnya juga, untuk selalu mengantisipasinya.

Hewan apa saya yang bisa kena rabies ?

Tadi sudah saya sampaikan seperti anjing, kucing, kera, ya pokoknya hewan yang bertaring tajam.

Apakah rabies bisa menular ke manusia?

Bisa, itu namanya Zoonosis, makanya kita harus hati-hati jangan sampai tergigit hewan yang sudah terkena rabies karena kita bisa terkena juga, itu bisa fatal. Seperti antrak dan rabies bisa menular ke manusia, jadi termasuk 5 penyakit strategis yang sangat berbahaya.

Bagaimana cara penularan dan apa resiko jika tertular rabies?

Bisa menyebabkan kematian, biasanya tanda-tandanya demam tinggi yang akhirnya bisa kejang-kejang. Biasanya (penularan) lewat gigitan, melalui udara, terkena cairan liur dari manusia ke manusia. Manusia yang sudah terjangkit rabies juga bisa menular lewat air liur.

Harapan dengan adanya program vaksinasi rabies gratis ini?

Semoga dengan adanya dengan program ini mudah-mudahan kesadaran masyarakat untuk menjaga ternaknya terhindar dari rabies lebih tinggi, sehingga Magelang terbebas dari rabies.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar