Antisipasi Virus Corona, Dinas Kesehatan Aktifkan SKDR

Dilihat 661 kali
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang mengimbau kepada masyarakat luas untuk meningkatkan kewaspadaan, terkait mewabahnya virus Corona di Wuhan Cina. Kendati di Indonesia, virus itu tidak merebak, pihaknya tetap melakukan antisipasi dengan gencar memberikan sosialiasi tentang Corona kepada masyarakat. Hal itu dilakukan agar masyarakat juga memahami tentang virus tersebut.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, yang dihubungi Selasa (28/1) mengatakan, meski di Kabupaten Magelang khususnya atau Indonesia pada umumnya tidak terkena wabah virus Corona, tidak ada salahnya bila  Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi. 


Caranya dengan mengaktifkan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR), yang merupakan sistem pelaporan kasus baru penyakit setiap minggu oleh petugas Puskesmas. Ada 22 jenis penyakit yang bisa dilaporkan baik melalui SMS ataupun Whatsapp. 


"Kita selalu mengaktifkan SKDR terhadap ILI (kasus seperti flu) dan Pneumonia oleh para petugas Puskesmas bila memang menemukan kasus penyakit yang muncul di masyarakat," katanya.


Kalau ada kasus seperti itu, maka petugas akan melakukan investigasi lebih lanjut. Retno menerangkan, ILI atau Influensa Like Illness merupakan suatu proses infeksi akut pada saluran pernafasan dengan gejala klinis demam, sakit tenggorokan disertai batuk atau pilek.


Upaya lainnya adalah dengan melakukan koordinasi dengan semua fasilitas pelayanan kesehatan untuk deteksi sebagai upaya pencegahan dan respon. Juga koordinasi dengan rumah sakit rujukan tipe A dan B untuk kesiapan menerima rujukan kasus, seperti ruang isolasi dan penatalaksanaan.


Retno mengaku sampai saat ini belum melakukan pemeriksaan secara khusus terhadap tenaga kerja asal Cina yang banyak bekerja di Kabupaten Magelang dengan alasan belum ada instruksi dari Dinas Kesehatan Propinsi Jateng. 


“Kita tidak melakukan pemeriksaan khusus kepada para tenaga kerja Cina di Kabupaten Magelang, karena belum ada instruksi dari dinas kesehatan propinsi," ungkapnya.


Kepada masyarakat, Retno mengimbau bila ingin terhindar virus Corona, maka jangan lupa selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun. 


“Pastikan tangan kita selalu dalam keadaan bersih," katanya.


Juga selalu menutup mulut dan hidung bila batuk. Kemudian selalu memasak dengan matang telur dan daging. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami gejala flu. Jangan lupa menggunakan alat pelindung diri (APD) pada saat melakukan kontak langsung dengan hewan/ternak liar.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar