Antisipasi Omicron, Dinkes Lakukan Surveilans Secara Ketat

Dilihat 1380 kali
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Sunaryo

BERITAMAGELANG.ID - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Sunaryo mengatakan, pihaknya sudah melakukan surveilans (pengawasan) tracing, tracking, dan testing untuk mengantisipasi sebaran Covid-19 jenis Omicron.


"Secara keseluruhan yang terpenting kami sudah mengikuti prosedur dan melakukan penguatan surveilans, supaya pergerakan Omicron itu bisa diantisipasi salah satunya dengan melihat hasil dari PCR positif terkonfirmasi yang sudah ada, apakah ada tanda-tanda yang dicurigai sebagai Omicron," kata Sunaryo saat mendampingi Bupati Magelang peninjauan vaksinasi anak-anak umur 6-11 tahun di Desa Banyusidi, Selasa (11/1).


Untuk saat ini, lanjut Sunaryo, varian Covid-19 yang terdeteksi ada di Kabupaten Magelang adalah varian Delta. Dan apabila ada yang terkonfirmasi Omicron, maka mulai dari H-2 pemeriksaan (swab) dengan gejala, semua kontak erat harus segera dilakukan tracing.


"Namun, sampai saat ini masih varian Delta yang ditemukan. Kami baru menemukan 3 kasus, dengan 1 yang masih ada (Kecamatan Grabag), yang lainnya sudah sembuh," jelasnya.


Sementara terkait capaian vaksinasi untuk wilayah Kabupaten Magelang, Sunaryo menyebutkan sudah mencapai 74 persen vaksinasi dosis 1, sementara dosis 2 sudah 50 persen lebih. Sementara capaian vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 28 ribu atau 25 persen lebih dari 113.853 sasaran.


"Mungkin nanti kalau capaian vaksin dosis 2 sudah mencapai 60 persen, maka boleh mengajukan dosis booster. Booster juga diberikan setelah 6 bulan dosis ke 2, tapi untuk di Jawa Tengah belum dan kita tidak ingin mendahului. Kita selesaikan dulu dosis anaknya," ujarnya.


Menurut Sunaryo, dosis booster adalah wajib setelah 6 bulan mendapatkan vaksinasi dosis 2 untuk mendukung herd immunity. 


"Kalau untuk herd immunity ya tetap wajib, artinya bagi masyarakat dan sudut pandang keilmuannya," pungkas Sunaryo.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar