Kepala BPBD Imbau Warga Waspadai Puting Beliung

Dilihat 1528 kali
Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, himbau masyarakat waspadai potensi bencana angin puting beliung di penghujung musim kemarau

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan potensi bencana lain di musim pancaroba ini selain kekeringan adalah angin puting beliung. Ada catatan historis bahwa setiap tahun selalu terjadi angin puting beliung.


"Sekarang merata, bahkan juga melanda Kecamatan Mungkid akhir-akhir ini yang selama ini tidak terjadi," ungkap Edy.


Edy berpesan kepada masyarakat agar mewaspadai pohon-pohon yang berpotensi tumbang dan menimbulkan kerugian. Pohon-pohon yang berpotensi tumbang harus diwaspadai, kalau perlu ditebang atau dipotong bagian yang berbahaya.


"Sebab bisa menimpa rumah atau warga bisa menimbulkan korban dan kerugian," imbuhnya.


Selain itu Edy menyampaikan, musim kemarau bisa terjadi sampai bulan Oktober, dan kewaspadaan bencana harus ditingkatkan saat musim hujan.


Sebelumnya pada Minggu (22/9) sore, terjadi angin puting beliung di RT 7 RW 6 Desa Kalinegoro, terdapat tiga rumah yang mengalami kerusakan di bagian atap. Kejadian sore hari tiba-tiba angin bertiup kencang, sebagian atap terbang tertiup angin.


"Dan usai angin reda, warga langsung membetulkan atap rumah masing-masing," tutur Erik, salah satu warga setempat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar