Warung PKK, Belanja Kebutuhan Pangan Sehari-Hari Dari Rumah Aja

Dilihat 3885 kali
BERITAMAGELANG.ID - Di tengah pandemi covid-19, Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang berinovasi menjembatani produsen dan konsumen dalam memenuhi komoditas sehari-hari.

"Kami bikin semacam ruang pamer dan itu menjadi warung virtual atau pasar virtual PKK untuk membantu para pegiat UMKM memasarkan produknya dan pembeli dalam mencari kebutuhan sehari-hari," demikian disampaikan Ketua PKK Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin, Senin (11/5/2020).

Warung PKK hadir melalui akun instagram @warung_pkk_magelangkab. Masyarakat dapat saling bertransaksi melalui nomor kontak yang tertera. Barang-barang yang diperjualbelikan beraneka ragam seperti makanan olahan atau bahan mentah.

Pembeli cukup memesan barang kebutuhannya melalui nomor HP penjual dan setelah disepakati harga dan ongkos kirimnya, belanjaan akan langsung dikirim ke rumah konsumen.

"Di situ kita tampilkan (foto) produk, nomor HP produsen, jadi langsung antara pembeli bisa langsung kontak ke penjual yang ada di situ, kita memberi solusi, simbiosis mutualisme. Dan PKK tidak mengambil profit di situ, hanya menjembatani bertemunya pembeli dan penjual," ujarnya.

Tanti mengungkapkan, konsep Warung PKK sudah digagas sekitar sebulan lalu. Kemudian, dengan segala persiapan, Warung PKK resmi dibuka minggu-minggu ini di instagram dan facebook.

"Alhamdulillah responnya cukup bagus, banyak teman (penjual dan pembeli) di luar PKK itu kami akomodir selama domisilinya di Kabupaten Magelang. Jadi, selain PKK juga ada masyarakat umum. Mereka merasa terbantu karena lebih mudah mencari info komoditas melalui Warung PKK," ungkapnya.

Tanti berharap program ini jadi kolaborasi yang baik antara PKK di semua lini dan tingkatan, hingga bisa ditiru kabupaten dan kota lainnya.

"Sudah ada japri (pesan pribadi) juga dari ketua PKK Kabupaten Pasuruhan mau meniru Warung PKK ini. Mohon dukungannya kami bergerak cepat dan menjadi jalan rezeki buat orang lain di situasi pandemi semacam ini," tandasnya.

Bagi masyarakat Kabupaten Magelang yang ingin mempromosikan produknya di Warung PKK dapat mendaftar melalui nomor kontak 0813 9246 0063 (Ny. Ida Iwan S.) atau 0813 2879 7460 (Ny. Susmiati).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar