Wartawan Se Jawa Tengah Rayakan Hari Pers Nasional di Kota Mungkid

Dilihat 252 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kota Mungkid Kabupaten Magelang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada 21 - 23 Maret 2019 dengan beragam kegiatan yang merupakan kolaborasi Pengurus Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, PWI Provinsi Jawa Tengah dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Magelang.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto menyambut baik kegiatan tersebut yang akan dikolaborasikan dengan perayaan HUT Kota Mungkid yang jatuh pada 22 Maret 2019.

"Karenanya, persiapkan segala sesuatu semaksimal mungkin. Berikan pelayanan yang baik agar setelah selesai mereka membawa pengalaman yang berkesan," kata Sekda saat memimpin rapat persiapan HPN Provinsi Jawa Tengah di Ruang Gemah Ripah Setda Kabupaten Magelang, Senin (18/3). 

Ia mengapresiasi adanya sinergi Pemerintah dengan wartawan.

"Kami mohon bantuan media se Jawa Tengah juga untuk mempromosikan potensi di Kabupaten Magelang terutama tempat-tempat wisata," imbuhnya.

Ketua PWI Kabupaten Magelang Bagyo Harsono menjelaskan kegiatan ini akan diikuti pengurus PWI kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Acara akan dimulai dengan arung jeram dan launching Aplikasi Jelajah Magelang pada Kamis (21/3). Di hari berikutnya, peserta akan mengikuti 'One Day Tour' pada Jumat (22/3).

One Day Tour akan mengunjungi sejumlah destinasi maupun potensi wisata di Kabupaten Magelang. Mulai dari Candi Pawon, Candi Mendut, Air Terjun Kedung Kayang, Ketep Pass dan wisata agro petik buah stroberi di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan.

"Yang menarik, seluruh peserta akan naik mobil VW Cabrio," kata Bagyo. 

Menurut Bagyo, pada One Day Tour nanti, mereka akan diajak berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di luar Candi Borobudur.

"Kami yakin, mereka sudah tahu dan pernah ke Candi Borobudur, karena itu mereka kami ajak ke destinasi lainnya. Untuk kali ini, ikon kami adalah Ketep Pass. Jadi mereka akan kami ajak mengunjungi destinasi wisata di sekitar Ketep Pass," imbuhnya. 

Selama mengikuti rangkaian HPN, peserta bisa mengikuti lomba penulisan artikel dan lomba foto yang bisa mengambil angle apapun seputar HPN itu sendiri. 

"Mereka bisa menulis tentang paket wisata VW. Bisa juga tentang Candi Pawon, Candi Mendut, Ketep Pass, petik buah stroberi atau tulisan tentang desa-desa wisata yang dikunjunginya selama kegiatan HPN 2019 berlangsung. Bisa juga menulis tentang home stay tempat mereka bermalam, arung jeram yang sehari sebelum 'one day tour' dilaksanakan mereka ikuti. Bisa juga tentang balkondes dan aplikasi Jelajah Magelang," terangnya. 

Yang menarik lagi, selama HPN 2019 berlangsung, seluruh peserta dan panitianya menginap di homestay di desa wisata Borobudur. Pemkab Magelang sengaja ingin memberikan pengalaman yang berbeda pada para wartawan agar menikmati suasana asli pedesaan. 

Sekretaris PWI Jawa Tengah, Isdiyanto Isman mengucapkan terima kasih atas sambutan dan support terutama jajaran Pemerintah Kabupaten Magelang yang bersedia mendukung acara HPN tingkat Provinsi Jawa Tengah sepenuhnya.

"Kami akan membantu promosi wisata di Kabupaten Magelang di media massa masing-masing," katanya. 

Dalam kegiatan ini juga akan digelar Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) PWI Jawa Tengah.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar