Warga Sumber Rejo Mertoyudan Buat dan Bagikan Hand Sanitizer Gratis

Dilihat 2278 kali
BERITAMAGELANG.ID - Apa yang dilakukan warga kelurahan Sumber Rejo Mertoyudan Kabupaten Magelang ini patut diapresiasi. Mereka berinovasi membuat hand sanitizer atau pembersih tangan dari bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar. Menariknya lagi, ratusan botol hand sanitizer buatan mereka, dibagikan gratis pada jamaah salat Jumat di masjid Al Ittihad di sekitar tempat tinggal mereka.

"Hal ini dilakukan untuk mengikuti instruksi bapak Bupati Magelang soal antisipasi penyebaran Covid-19," ujar salah seorang warga, Agus Liem, Sabtu (21/3/2020).

Bahan yang diperlukan untuk membuat hand sanitizer ini cukup mudah dicari, yaitu Benzalkonium chloride, glycerolndi cairkan dengan air. Kedua bahan tersebut bisa dicari di toko bahan-bahan kimia.

Serta hand sanitizer yang herbal dibuat dari 12 helai daun sirih diriis kasar.

"Dimasukan dalam rantang lalu dituang air mendidih, setelah itu dikukus," jelas Agus.

Siang itu, Agus dan sejumlah warga setempat berhasil membuat 200 botol hand sanitizer dan dibagikan gratis pada jamaah masjid setempat.

"Harapannya bisa mencegah/ mengurangi penyebaran virus Corona yah," harapnya.

Meski terkendala dengan sulitnya mencari botol dan harganya mahal, sore ini warga Sumber Rejo kembali membuat 300 botol hand sanitizer yang rencananya akan dibagikan gratis pada warga setempat. 

"Masyarakat yang butuh masih sekitaran di perumahan, mau mbagi keluar masih pada stay at home," terangnya. 

Kontributor: Lavira Dewi Ceto Rengganis 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar