Warga Sekaran Mertoyudan Semprotkan Disinfektan Secara Swadaya

Dilihat 86 kali
Masyarakat Dusun Sekaran Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan melakukan penyemprotan disinfektan pencegahan Covid -19 secara swadaya
BERITAMAGELANG.ID - Warga Dusun Sekaran Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang melakukan aksi sosial penyemprotan disinfektan pencegahan wabah virus Covid-19 secara swadaya.

Giat ini juga merupakan wujud mematuhi kebijakan pemerintah dalam  memutus penyebaran Covid-19.

"Aksi ini dilakukan warga secara spontanitas, berawal dari komunikasi di WA, kemudian warga mendadak iuran dan terkumpul Rp 400 ribu, untuk dibelikan keperluan penyemprotan disinfektan," ucap Ketua RT 2 RW 5 Dusun Sekaran, Ari Sholikin.

Dalam aksi yang dilakukan pada Senin (23/3), diikuti oleh warga setempat. Kendati di tingkat dusun, namun tetap dilakukan dengan pengamanan pelindung diri yang cukup, bermasker, mengunakan kaos tangan dan memakai mantol untuk pelindungan diri.

Selain melakukan penyemprotan juga ada yang menyampaikan imbauan program pemerintah dalam menangani Corona ini, oleh tokoh masyarakat lingkungan, Darsum dan Hendrik, diantaranya menyampaikan agar warga selalu cuci tangan pakai sabun di kran, utamanya setelah pulang dari berpergian luar rumah. Serta menghindari dari kumpul warga yang tidak penting. 

Saat ini peran aktif dari masyarakat memang sangat diperlukan sekali untuk membantu bersama-sama keluar dari situasi ancaman virus Corona.

Salah satu warga Dusun Sekaran, Markuat yang berprofesi sebagai penjual soto keliling, menyampaikan dirinya tidak berjualan selama ada imbauan dari pemerintah untuk tidak keluar rumah.

"Sudah seminggu ini saya di rumah, karena mengikuti program pemerintah supaya sehat semua. Dan juga saat ini anak sekolah libur. 

Benar tindakan ini, karena dengan diam dirumah sudah membantu tim medis untuk mencegah/memutus rantai virus covid-19.

Saat ini kita bisa ambil peran sekecil apapun pasti berguna," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar