Warga Antusias Gunakan Aplikasi Jelajah Magelang dan Siyap Diskominfo Kabupaten Magelang

Dilihat 909 kali
Sosialisasi Informasi Tanggap Bencana dan Sistem Informasi Lokasi Desa yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang Sabtu (21/9).

BERITAMAGELANG.ID - Sadar akan potensi yang dimiliki, warga Desa Margoyoso Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang antusias mengikuti Sosialisasi Informasi Tanggap Bencana dan Sistem Informasi Lokasi Desa yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, Sabtu (21/9).


Kasi Aplikasi Informatika Diskominfo Kabupaten Magelang Mansur Chanafi menjadi narasumber untuk aplikasi Jelajah Magelang dan aplikasi Siyap (konten cepat tanggap Pemerintah Kabupaten Magelang).


"Aplikasi Jelajah Magelang berisi tentang lokasi, potensi terkait semua yang ada di Kabupaten Magelang. Sedangkan Siyap merupakan aplikasi sistem informasi pelaporan bantuan reaksi cepat kebencanaan Damkar Kabupaten Magelang," kata Mansur.


Kedua aplikasi tersebut untuk memudahkan masyarakat mengakses dan memberikan informasi.


"Alat tradisional tidak terpengaruh sinyal, namun memiliki kelemahan pada jangkauannya. Sedangkan kedua aplikasi ini dapat menjangkau lebih luas. Sistemnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," terang Mansur.


Dalam Sosialisi itu digelar simulasi penggunaan Aplikasi Siyap dan Jelajah Magelang. Setiap peserta denagn antusias mencoba mengakses kedua aplikasi itu.


Acara tersebut melibatkan pemuda Karang taruna, anggota Organisi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) Fortis, dan perangkat Desa Margoyoso.


Kepada BeritaMagelang.id, Sekdes Margoyoso, Marjan Triyono mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut.


"Ini, Jelajah Magelang dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan potensi desa, hasil pertanian. Semua lengkap," ungkap Marjan.


Sementara aplikasi Siyap menurutnya lebih efektif dalam penanganan bencana di wilayahnya. Sejak dahulu informasi tingkat masyarakat dilakukan secara tradisional dengan peralatan seadanya seperti kentongan.


"Lokasi kita memiliki potensi longsor di musim hujan. Aplikasi Siyap tentu sangat membantu dalam penanganan semua bencana secara cepat oleh Pemerintah Kabupaten Magelang," tutur Marjan.


Sebagai narasumber lain yakni Humas dan Dokumentasi UPT Penanggulangan Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang Septanita Penatarini. Dia menerangkan fungsi dan cara memanfaatkan aplikasi Siyap dalam bencana kebakaran, longsor dan lainnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar