Warga Magelang Berpeluang Melihat Gerhana Bulan Terlama Abad Ini

Dilihat 2064 kali
Gerhana bulan (ilustrasi: Huffington Post)

BERITAMAGELANG.ID - Gerhana bulan total akan jelas terlihat pada Sabtu (28/07) besok. Masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang dan sejumlah daerah di Jawa Tengah berkesempatan melihat langsung fenomena langka tersebut. 

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie memprediksi gerhana bulan total tersebut paling lama di abad 21 ini.

"Gerhana bulan adalah fenomena alam biasa. Hanya saja untuk yang kali ini sedikit istimewa karena durasinya gerhana bulan totalnya cukup lama, sekitar 103 menit (terlama dalam abad ini)," kata Setyoajie saat dihubungi BeritaMagelang.id, Jumat (27/07).

Setyoadjie menambahkan, seluruh Jawa Tengah bisa mengamati gerhana bulan total dari fase awal hingga gerhana sebagian berakhir.

"Untuk di Jateng, tahapan gerhana bisa diamati dari awal. Sehingga otomatis setiap fase gerhana bisa diidentifikasi (jika cuaca cerah)," terangnya.

Berdasarkan analisa BMKG, gerhana akan dimulai jam 00.13 WIB, gerhana parsial jam 01.24 WIB, gerhana total jam 02.30 WIB, puncak totalitas gerhana 03.21 WIB, dan gerhana total berakhir 04.14 WIB.

"Gerhana parsial berakhir 05.19 WIB dan gerhana berakhir 06.30 WIB," jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan tidak ada dampak signifikan terkait fenomena gerhana bulan ini. Untuk itu masyarakat tidak perlu dikhawatir dan tetap tenang.

"Tidak ada dampak signifikan. Gerhana bulan tidak berbahaya untuk diamati. Memang fenomena gerhana bulan dapat memicu pasang air laut. Namun demikian, dampaknya berbeda-beda. Himbauan BMKG, masyarakat tidak perlu khawatir, tetap tenang dan waspada serta ikuti arahan BPBD setempat," tutupnya.
 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar