Warga Karaharjan Muntilan Bagikan Sedekah Swadaya Setiap Hari

Dilihat 140 kali
Ketahanan pangan melalui "Sedekah Di Saat Sulit", dikelola oleh pemuda Dusun Karaharjan melalui Posko Covid-19 Merah Putih.
BERITAMAGELANG.ID - Berawal dari pembagian sembako di Masjid Baiturrahim, kepada warga tidak mampu di Dusun Karaharjan Desa Gunungpring Muntilan, sebagai solusi imbauan stay at home menghadapi wabah Covid 19. Kini hal tersebut diteruskan menjadi sedekah setiap hari.

"Kami menyebutnya "Sedekah Di Saat Sulit", yang mana saat ini dikelola oleh pemuda Dusun Karaharjan melalui Posko Covid-19 Merah Putih," ucap Koordinator Posko Covid-19 Merah Putih Dusun Karaharjan, Andri Hatmoko. Rabu (15/4/2020).

Andri menerangkan, hal tersebut bertujuan mewujudkan ketahanan pangan di tengah wabah Corona karena tidak semua warga mampu secara ekonomi.

Secara teknis, setiap hari ada paket sembako berupa beras yang didistribusi per lima paket dan diberikan secara bergiliran bagi warga yang berhak menerima.

Adapun dana dari program penggalangan dana "Sedekah Di Saat Sulit" yaitu dari warga yang bersedekah dua ribu rupiah per hari. Sedangkan warga Dusun Karaharjan sendiri berjumlah sekitar 100-an jiwa.

"Untuk beras 2 kg satu orang. Per hari penerima beras 5 orang, jadi per hari distribusi beras sejumlah 10 kg. Penggalangan dana hingga distribusi dilakukan remaja dusun melibatkan warga. Hal tersebut sudah berjalan dua minggu ini," imbuhnya.

"Saat ini warga mengalami ekonomi sulit soalnya rata-rata sebagian besar berprofesi petani, pedagang kecil-kecilan, lansia dan lain-lain. Mereka sasaran penerima dari program ini," ujarnya mengakhiri.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar