Warga Kaliurang Srumbung Swadaya Perbaiki Jalur Evakuasi

Dilihat 1785 kali
Perbaikan jalur evakuasi Desa Kaliurang Srumbung Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Mengantisipasi bencana erupsi Merapi, warga Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang melakukan perbaikan jalur evakuasi secara swadaya.


Sumber dana perbaikan itu berasal dari kas desa.


"Pengaspalan ini hasil iuran yang dikelola warga selama ini," kata salah satu warga Kaliurang, Muhardi, Sabtu (14/11/2020). 


Dari pantauan di lokasi, perbaikan berupa penambalan aspal itu dilakukan oleh petugas bersama warga setempat.


Kerusakan jalan utama ini akibat tingginya armada truk bermuatan pasir dari hulu Sungai Krasak yang melintas.


Dengan peningkatan aktivitas Gunung Merapi, warga kemudian berinisiatif melakukan perbaikan jalan utama desa. Menurut Muhardi, biaya perbaikan itu mencapai Rp30 juta lebih. 


"Perkiraan semula hanya Rp 20 juta tapi karena banyak yang harus ditambal jadi tambah Rp30 juta," jelasnya.


Guna perbaikan itu, jalan ditutup sementara waktu hingga perbaikan selesai.


Terpisah, tokoh masyarakat Desa Kaliurang yang juga anggota DPRD kabupaten Magelang, Suharno mengungkapkan, selain bertujuan memperlancar aktivitas warga, perbaikan jalur utama ini juga untuk mengantisipasi bahaya erupsi Gunung Merapi yang saat ini berstatus siaga. 


"Ditutup mulai 13 -19 November ya satu pekan. Tujuannya untuk melancarkan evakuasi bilamana terjadi luncuran Merapi," kata Suharno.


Desa Kaliurang berada di sekitar radius 6 hingga 8 km dari puncak Gunung Merapi. Desa yang dihuni oleh 2.719 jiwa tersebut masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III bahaya awan panas Merapi. 


Secara turun-temurun warga dari Dusun Jrakah, Kaliurang dan Sumberejo hidup dari bertani. Meski demikian warga sadar akan ancaman bahaya erupsi Merapi. Warga siap mengungsi sesuai arahan dari Pemerintah.


"Setiap erupsi Merapi kita selalu mengungsi. Jadi akses evakuasi sangat penting," ungkapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar