Warga Gelar Tradisi Padusan Di Kali Bening Payaman

Dilihat 1433 kali
Warga sekitar Payaman menggelar padusan di saluran air Kali Bening Payaman Secang Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Tradisi padusan biasa dilaksanakan oleh masyarakat menjelang bulan Ramadan. Seperti yang terlihat di saluran air Kali Bening Payaman Secang Kabupaten Magelang, Senin (12/4/2021).


Ketua RT 12 Dusun Kalibening Desa Payaman, Secang Kabupaten Magelang, Istoni, mengatakan, saluran air Kali Bening menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk melakukan tradisi padusan.


"Ini mulai ramai masyarakat melakukan padusan, pada tahun lalu tidak ada karena awal pandemi Covid-19. 


Pihak desa tidak menggelar kegiatan padusan tapi masyarakat sendiri yang datang ke lokasi, sehingga pemuda desa melakukan pengamanan jalan dan parkir," ucap Istoni.


Sesuai namanya, saluran air Kali Bening di Dusun Kali Bening mengalirkan air yang bening sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar.


"Kalau hari Minggu (11/4/2021) lalu banyak yang mencuci karpet masjid di saluran ini, tapi kalau hari ini murni untuk mandi padusan.


Air di saluran Kali Bening ini berasal langsung dari mata air Kali Bening sehingga airnya jernih dan segar," terang Istoni.


Dalam kesempatan itu, Babhinkamtibmas Desa Payaman, Aiptu Budi Yono, turut mengimbau protokol kesehatan kepada masyarakat yang datang sehingga padusan tetap dapat dilaksanakan dengan aman.


"Sesuai dengan himbauan pemerintah, kepada masyarakat yang melaksanakan padusan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan," pesan Aiptu Budi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar