Warga Desa Sambak Nikmati Layanan Internet Gratis

Dilihat 2304 kali
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Jawa Tengah punya inovasi internet gratis untuk mengembangkan program literasi teknologi dan informasi.

BERITAMAGELANG.ID - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Jawa Tengah punya inovasi untuk mengembangkan program literasi teknologi dan informasi. Tidak tanggung-tanggung, warga diberi akses internet gratis 

"Ya benar, sudah setahun ini internet yang dikelola oleh KIM kami gratiskan untuk warga masyarakat yang membutuhkan. Namun demikian, pemakaiannya kita batasi, agar bisa merata," kata Muhammad Ainur Rofiq, Pengurus KIM Desa Sambak kepada BeritaMagelang.id, Senin (23/04).

Meski gratis, lanjut Rofiq, akses internet sebetulnya tetap berbayar dari penyedia jasa internet melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Di samping itu, penyedia jasa internet lainnya juga memberikan kompensasi berupa free bandwidth 1 Mbps. 

"Meski tidak terlalu besar, namun cukup untuk sekedar browsing dan kebutuhan internet lain yang tidak terlalu tinggi," lanjutnya.

Untuk mengakses jaringan internet gratis, warga Sambak tinggal mencari sinyal wi-fi Sambak-Online, kemudian akan diminta memasukkan user id dan password.

"Hubungi saja nomor HP yang tersedia di halaman login nanti pasti akan diberi user id dan passwordnya secara cuma-cuma," terangnya. 

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam KIM Desa Sambak telah merintis berdirinya jaringan internet secara swadaya dan mandiri sejak 2012. Swadaya, karena memang dari patungan para pengelolanya, dan mandiri karena memang tidak ada bantuan dari Pemerintah. Baru sekitar 2016 ada dukungan dari Pemerintah melalui Dana Desa.

"Meskipun gratis, koneksinya juga tidak jelek-jelek amat lah, cukup untuk kebutuhan dasar berinternet," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar