Wakil Bupati Edi Cahyana Ditetapkan Sebagai Ketua Tanfidz DPC PKB

Dilihat 880 kali
Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana dalam Muscab DPC PKB Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana ditetapkan sebagai Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Kabupaten Magelang periode 2021-2026. Penetapan itu dilaksanakan dalam Muscab PKB Kabupaten Magelang yang berlangsung di kantor PCNU Palbapang Mungkid, Sabtu (6/3/2021). Muscab dibuka Ketua Umum DPP PKB, A Muhaimin Iskandar secara virtual melalui zoom.


Dalam sambutannya, Edi Cahyana mengatakan, PKB yang berbasis di pedesaan dipandang sebagai peluang dan potensi besar. Maka untuk menjawab perkembangan zaman, pengelolaan PKB perlu dipadu dengan manajemen modern dan kebersamaan dengan seluruh elemen. 


PKB sinergi dengan NU dan elemen lainnya,  menjadi tonggak untuk membesarkan partai mengembalikan kejayaan PKB tahun 1999.


“Untuk dapat menghasilkan kemaslahatan yang lebih besar dan lebih luas maka pembagian tugas yang jelas serta kebersamaan semua lini menjadi sebuah keniscayaan,” ujarnya.


Karena itu, ia mengajak untuk bersama sama, membangun kecerdasan kolektif. 


“Untuk meraih cita-cita kolektif, maka perlu kita ihktiari secara kolektif pula," ajaknya.


Ketua DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlori mengatakan, Muscab PKB kali ini serentak dilaksanakan di 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah termasuk Kabupaten Magelang. Tujuannya untuk penyeragaman masa bakti, dan supaya program-program PKB lima tahun mendatang bisa serentak serta bersinergi dari DPP hingga daerah. 


Gus Yusuf, sapaan akrabnya menyatakan, pemilihan ketua tanfidz saat ini berbasis kinerja. Bukan lagi sistem pemilihan dari PAC atau pengurus kecamatan. Namun demikian, suara PAC tetap didengarkan. 


“Kita juga menyerap aspirasi dan masukan dari PAC maupun para kyai serta track record kinerjanya. Itu yang menjadikan DPP menunjuk pak Edi Cahyana sebagai ketua DPC PKB," kata Gus Yusuf yang juga pengasuh Ponpes API Tegalrejo.


Ia menjelaskan, kinerja Edi Cahyana selama ini dinilai bagus. Baik saat menjadi pengurus NU, kemudian pernah menjadi anggota DPR dan kini menjadi wakil Bupati Magelang. 


“Hal itu menjadi pertimbangan karena pak Edi berpotensi mengangkat PKB menjadi lebih baik di kemudian hari," ujarnya.


Salah satu panitia, Suwarso menambahkan,  Muscab PKB secara virtual dihadiri undangan dengan jumlah terbatas, mengingat masih musim pandemi Covid-19. Muscab diikuti perwakilan 21 Dewan Pengurus Anak cabang (DPAC) PKB, Pengurus DPC dan anggota FPKB DPRD Kabupaten Magelang.


Undangan untuk tokoh masyarakat, ketua partai dan pejabat dilaksanakan secara virtual.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar