Bupati Magelang Salurkan Kredit Usaha Rakyat

Dilihat 45 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP secara simbolis menyerahkan KUR Peternakan Rakyat

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP secara simbolis memberi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Peternak yang diserahkan di kantor cabang BRI Magelang.

"Mayoritas masyarakat di Kabupaten Magelang berada di sektor pertanian. Kami sedang melakukan penataan di lereng Sumbing Kecamatan Kaliangkrik, Windusari, Kajoran berupa tanaman bawang yang sudah kami siapkan ada sekitar 40 hektar.

Sebetulnya kalau mau jadi sentra membutuhkan sekitar 105 hektar, tapi dari data kemarin baru ada 40 hektar dan ini akan kita dorong bersama Kementrian Pertanian," ungkapnya.

KUR saat ini di sektor peternakan ada sekitar 157 milyar, Bupati berharap selanjutnya khusus peternakan bisa mencapai 500 milyar.

Acara tersebut dihadiri perwakilan dari Deputi Peternakan dan Perikanan kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, perwakilan dari beberapa perusahaan perbankan di Kabupaten Magelang dan instansi terkait. 

Staf Khusus Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dr. Christiantoko yang hadir dalam acara tersebut memaparkan, total penyaluran KUR pada hari ini adalah 21,29 milyar rupiah.

''Kabupaten Malang 1,7 milyar; Kabupaten Magelang 1,6 milyar; Kabupaten Garut 12,98 milyar; Lampung Tengah 1,9 milyar; Sumba Timur 2,3 milyar; dan Kabupaten Sinjai 725 juta rupiah," jelasnya. 

Lebih lanjut Christiantoko mengatakan, selain mengubah penetapan kebijakan KUR, premerintah juga berkomitmen untuk membayar subsidi.

"Pada tahun 2015, subsidi Pemerintah itu sebesar 39 milyar, kemudian tahun 2016 3,7 triliun; pada tahun 2017 3,2 triliun; dan tahun 2018 kemarin yang terbayarkan 11,5 trilyun.

Jadi selama kurun waktu 2015 sampai 2018 Pemerintah telah membayar subsidi sebesar 18,9 triliun," kata dia. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar