Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Berjalan Lancar Sesuai Target

Dilihat 205 kali
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Magelang berjalan lancar sesuai target waktu yang sudah ditetapkan. 


"Jadi dari sasaran pertama yaitu sumber daya manusia kesehatan alhamdulilah telah terealisasi, walaupun memang ada yang tunda (eksklusi). Untuk yang tunda, tetap kita lanjutkan sampai hari ini untuk mendapatkan vaksinasi," jelas Retno saat ditemui, Kamis (4/3/2021).


Vaksinasi tahap kedua diprioritaskan bagi pelayan publik yang terdiri dari tokoh agama, ASN, TNI Polri, wartawan, anggota DPRD, pelaku pariwisata, dan instansi vertikal.


Retno menyebutkan, jumlah orang yang sudah mendapatkan vaksin di tahap dua sampai hari ini, dari 6.000 sasaran sudah tercapai 80,99 persen.


"Akmil juga masuk ke sasaran pelayanan di Kabupaten Magelang dan sudah dilakukan vaksinasi dari sejak kemarin, hari ini sudah hari yang ketiga," bebernya.


Untuk tahap selanjutnya, Dinkes sedang mempersiapkan vaksinasi bagi lanjut usia (lansia) di lokasi prioritas. 


"Jumat-sabtu besok sudah mulai dilakukan vaksinasi lansia di lokasi prioritas. Memang vaksinasi ini kita berikan kepada sasaran yang beresiko tinggi termasuk lansia. Jumat-Sabtu besok vaksinasinya ada di dua desa yang terdapat banyak kasus konfirmasi Covid-19," katanya.


Jumlah lansia berdasarkan data Disdukcapil Kabupaten Magelang saat ini sebanyak 175.224 jiwa dengan berbagai kelompok umur dari 60-90 tahun. Sementara data Kemendagri menyebutkan jumlah lansia di Kabupaten Magelang sebanyak 112.552 jiwa. 


"Nanti kita akan lihat data mana yang paling riil. Tentu untuk vaksinasi lansia ini juga akan bertahap melihat begitu banyaknya jumlah lansia di Kabupaten Magelang. Namun demikian, bagi lansia yang tinggal di daerah banyak kasus konfirmasi Covid akan kita prioritaskan terlebih dahulu," pungkas Retno.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar