Vaksinasi Covid-19 di Pendopo Lapangan Soepardi Diminati Masyarakat

Dilihat 1559 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang terus melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19, salah satunya dengan membuka sentra vaksinasi massal bagi masyarakat yang diselenggarakan di Pendopo Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Senin (11/10).


Plt Kepala Dinas Kesehatan, Sunaryo menjelaskan, vaksinasi Covid-19 massal dosis pertama tersebut digelar selama tiga hari pada 11-13 Oktober 2021. Pada 11 Oktober tersedia 750 dosis, yakni online 650 dan offline 100 dosis. 


"Di hari kedua jumlanya juga sama (750 dosis) dan di hari ketiga dari PKK jumlahnya ada 1.000 dosis," jelas Sunaryo.


Sunaryo mengatakan, antusiasme masyarakat untuk memperoleh vaksin Covid-19 saat ini semakin meningkat. Hal tersebut terlihat dari jumlah masyarakat yang mau dengan tertib mengantre vaksinasi dosis I di Lapangan Soepardi sejak pagi.


Ia menyebutkan, capaian vaksinasi secara akumulatif di wilayah Kabupaten Magelang per 9 Oktober 2021 di angka 32,9 persen. 


"Kita prioritaskan untuk dosis satunya dulu, karena itu sesuai dengan arahan pimpinan. Genjot dulu dosis satunya, kalau kurang nanti kita akan dibantu dan dikomunikasikan oleh Bapak Bupati kepada Provinsi," kata Sunaryo.


Lebih lanjut, Sunaryo menerangkan Bupati Magelang meminta agar data riil vaksinasi di Kabupaten Magelang harus sesuai dengan aplikasi (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik) SMILE, sehingga apabila terjadi kekurangan vaksin akan segera terpantau dan langsung segera dilakukan pengiriman kembali.


Untuk melakukan percepatan vaksinasi di Kabupaten Magelang, Bupati juga telah memerintahkan kepada seluruh OPD harus terlibat aktif membantu dan mendorong agar target vaksinasi tercapai.


"Targetnya supaya vaksinasi dosis I segera mencapai 50 persen. Jadi apabila ada dropping dari provinsi atau pusat misalnya sebanyak 20.000, ya sukur bisa langsung dihabiskan sehari atau dua hari. Sehingga akan segera dikirim kembali," pungkas Sunaryo.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar