Vaksinasi Covid-19 Anak Candimulyo Dijemput Kereta Kelinci

Dilihat 334 kali
Vaksinasi anak di Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang oleh Binda Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Vaksinasi Covid-19 digelar oleh Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jateng dalam upaya mendukung percepatan vaksinasi 100 persen menuju Pembelajaran Tatap Muka (PTM).


Agar tidak takut, ribuan siswa yang hendak mengikuti vaksinasi di Gedung serbaguna Desa Tegalsari Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang dijemput kereta kelinci atau kereta mini.


"Karena memang jarak dari sasaran (ke lokasi vaksin) cukup jauh maka kami memfasilitasi angkutan yang fleksibel aman yakni kereta kelinci," ucap Penanggung Jawab Vaksinasi Massal Binda Jateng di Kabupaten Magelang, Satrio, di sela kegiatan, Selasa (18/1).


Selain mempermudah mobilitas sasaran vaksin, sistem jemput bola ini juga disambut antusias para siswa sekolah dasar SD/ MI di Kecamatan Candimulyo.


Ditambahkan Satriyo, target sasaran vaksinasi di Kecamatan Candimulyo adalah 1.400 anak dari semua sekolah. Sebelumnya BINDA Jateng juga menggelar vaksinasi anak di Kecamatan Mertoyudan, Kajoran, Ngluwar dan Secang.


Dikatakan Satrio, hingga saat ini capaian vaksinasi oleh Binda Jateng di Kabupaten Magelang untuk sasaran umum telah menyentuh sekitar 20.000 sasaran. Sedangkan vaksinasi dalam upaya mendukung pembelajaran tatap muka vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun ditargetkan tercapai 100 persen di akhir Januari ini.


"Januari ini harus 100 persen. Jadi ketika proses ini sudah 100 maka diharapkan di Kabupaten Magelang seluruhnya bisa berjalan aman dan lancar untuk proses pembelajaran tatap muka," jelasnya.


Khusus untuk Kabupaten Magelang, lanjut Satrio, BINDA Jateng memiliki target vaksinasi setiap pekan yakni sebesar 2.000 sasaran. Dalam pekan ini vaksinasi anak juga akan digelar di Kecamatan Ngluwar dan Mertoyudan dengan sasaran masing masing di atas 1.000 lebih.


Vaksiniasi di Kecamatan Candimulyo menerjunkan sebanyak 30 orang tenaga medis dan vaksinator. Mereka juga dibantu puluhan relawan desa setempat untuk menjaga antrian agar tetap tertib sesuai prokes.


"Capaian vaksinasi anak di wilayah ini mencapai 50 persen atau 1.686 sasaran," ungkap Kepala Puskesmas Candimulyo, Herlina Nung Rahmasari.


Dijelaskan Herlina, secara geografis terdapat 19 desa di Kecamatan Candimulyo dengan jarak cukup jauh. Untuk mengatasinya pihak Puskesmas bekerja sama dengan semua institusi yang ada seperti TNI Polri dan Forkopimcam dengan lokasi vaksinsi di kantor balai desa atau wilayah-wilayah yang tempatnya berdekatan. 


"Pelaksanaan vaksinasi anak atau umum semua ikut terlibat. Semua ikut memonitor dari hasil cakupan vaksinasi ini," ujar Herlina.


Selain di Kabupaten Magelang, Binda Jawa Tengah juga menyelenggarakan vaksinasi massal anak / pelajar usia 6-11 tahun dan masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster di 12 wilayah yakni Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Magelang, Wonosobo, Kebumen, Grobogan, Jepara, Sukoharjo, Boyolali, Kota Semarang, Batang dan Tegal. Adapun target peserta yang pada hari ini dari seluruh wilayah tersebut sebanyak 14.000 orang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar