Usulan Musrenbang Ditampung Melalui Aplikasi Sidudes

Dilihat 2168 kali
MUSRENBANG. Kegiatan menyerap usulan masyarakat dalam Musrenbang Kecamatan Windusari melibatkan unsur masyarakat perwakilan desa.

BERITAMAGELANG.ID - Usulan aspirasi masyarakat ditampung dalam aplikasi Sidudes. Melalui aplikasi tersebut daftar usulan dari Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) desa, dapat dilihat dari skala prioritasnya. 

"Sudah dua tahun aplikasi tersebut digunakan untuk mendata usulan warga dalam Musrenbangdes. 

Dan untuk Kecamatan Windusari sudah berjalan satu tahun ini, dimana usulan tahun 2017 dapat terealisasi 40% pada tahun 2018. Tentu saja yang diutamakan adalah usulan skala prioritas," kata Petugas Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Windusari, Satriyanto Wibowo, dalam kegiatan Musyawarah Pembangunan Desa Kecamatan Windusari, Selasa (19/02) di aula Kecamatan Windusari. 

Menurut Satriyanto Wibowo, secara teknis penyerapan aspirasi masyarakat dalam Musrenbang tersebut turut menghadirkan perwakilan warga dari setiap desa, berjumlah enam warga, ditambah kepala desa dan instansi terkait. 

"Dalam pertemuan ini dibuat kelompok per desanya, ada enam warga yang membawakan usulan aspirasi masyarakat. 

Dengan demikian usulan skala prioritas akan berasal dari warga. Dan jangan sampai usulan hanya dari kepala desa atau BPD saja," harapnya.

Dari usulan skala prioritas tersebut kemudian akan diinput oleh Petugas Pendamping Desa ke dalam aplikasi Sidudes. 

Dalam kegiatan tersebut, sambutan Kepala Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang yang dibacakan Kabid Litbang Cahya Edy Pramana, S.Hut. menyampaikan, sesuai dengan Visi RPJMD Bupati Magelang 2019 - 2024 adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Magelang yang Sejahtera Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Amanah). 

Dengan adanya Musrenbang ini sebagai media memajukan Kabupaten Magelang menjadi maju, sejahtera dan amanah. 

"Selanjutnya hasil Musrenbang Kecamatan ini disampaikan kepada DPRD sesuai dengan dapil masing-masing, sebagai salah satu bahan untuk menyusun pokok-pokok pikiran DPRD pada RKPD tahun anggaran 2020.

Hasil Musrenbang kecamatan ini juga dikirim ke SKPD teknis sebagai bahan dalam forum perangkat daerah," papar Cahya. 

Kegiatan tersebut selain dari perwakilan desa juga dihadiri Camat, Koramil dan Kapolsek Windusari. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar