Upacara Tradisi Sedekah Bumi Digelar Di Dusun Jlarang Kalijoso WIndusari

Dilihat 1131 kali
Upacara Tradisi Sedekah Bumi, di Dusun Jlarang, Desa Kalijoso, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang
BERITAMAGELANG.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang memfasilitasi Upacara Tradisi Sedekah Bumi di Dusun Jlarang, Desa Kalijoso, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang, Selasa (23/2/2021).

Kepala Bidang Kebudayaan pada Disdikbud Kabupaten Magelang, Manteb berpesan agar warga masyarakat harus bisa menguri-uri kebudayaan yang tumbuh dalam masyarakat. 

"Sebagai masyarakat Jawa khususnya, kita sendiri yang harus memelihara kebudayaan kita.

Dalam kegiatan ini, saya berpesan agar warga setempat selalu menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan, menjauhi kerumunan dan selalu mengecek suhu tubuh," tutur Manteb.

Kepala Desa Kalijoso, Eko Susilo menyampaikan terimakasih kepada Disdikbud yang telah memfasilitasi kegiatan dan berharap ada keberlanjutan dari setiap kegiatan kebudayaan di Kalijoso. 

"Atas nama panitia juga menyampaikan bahwa ini adalah kegiatan rutin yang tiap tahun dilaksanakan. Tapi memohon maaf juga karena tahun ini kegiatan dibatasi karena Covid-19 dan tidak bisa terlaksana penuh seperti biasa. 

Walaupun kegiatan sederhana tapi juga tetap mematuhi protokol kesehatan dan izin keramaian kegiatan," ucap Eko.

Selain kegiatan upacara tradisi, juga diadakan peresmian Gamelan Ki Mego Pulungsari dan peresmian Kesenian Langen Krido Santoso.

"Upacara Tradisi Sedekah Bumi di Dusun Jlarang juga sudah didaftarkan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda dan sedang menunggu SK penetapannya," terang Eko.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar