HUT TNI, Warga Yang Berulang Tahun Juga Dapat Kue Spesial

Dilihat 200 kali
Peserta upacara yag berulang tahun pada 5 Oktober menerima potongan kue ulang tahun dari Komandan Kodim 0705/Magelang dan Bupati Magelang dalam Upacara Peringatan HUT ke 74 TNI

BERITAMAGELANG.ID - Merayakan HUT ke 74 TNI, Bupati Magelang Zaenal Arifin menyerahkan kendaraan dinas dari Pemkab Magelang kepada Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono secara simbolis, Sabtu (5/10).

Zaenal juga memotong tumpeng dan memberikannya pada Kukuh serta menyerahkan kue ulang tahun TNI kepada peserta upacara yang lahir pada 5 Oktober. Ditambah dengan penyerahan santunan kepada 200 anak yatim.

Upacara Peringatan HUT ke 74 TNI dipusatkan di Lapangan Balkondes Ngargogondo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Sabtu (5/10).

Selaku Inspektur Upacara, Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono, membacakan amanat Panglima TNI Republik Indonesia, menyampaikan, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks.

Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.

"Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi," ujar Kukuh.

Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan  bermasyarakat dan bernegara. Konsep-konsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai.

"Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya," imbuhnya.

"Dipilihnya lokasi upacara Peringatan HUT ke 74 TNI Magelang, dipusatkan di Lapangan Balkondes Ngargogondo, juga dalam rangka untuk mendukung pariwisata di Borobudur dimana tidak hanya Candi Borobudur yang menarik, tetapi juga spot lainnya seperti Balkondes," jelas Kukuh.

Sementara itu, Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi, menyampaikan, semangat pengembangan Borobudur sebagai wisata dunia sejalan dengan semangat peringatan HUT ke 74 TNI.

Awalnya menang hanya akan ada kegiatan penyerahan santunan kepada anak yatim dalam rangka HUT TNI.

"Namun atas bantuan lintas sektor akhirnya kegiatan peringatan HUT TNI ke 74 untuk Magelang Raya dapat dipusatkan di Borobudur sekaligus untuk mendukung pariwisata Borobudur," ungkap Nanda.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Forkompimda Kota dan Kabupaten Magelang, beserta unsur-unsur lainnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar