Bupati Beri Penghargaan Pramuka Berprestasi Kabupaten Magelang

Dilihat 1704 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin menyerahkan piagam dan piala kepada Pramuka berprestasi di tahun 2019 ini.

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2019, Kamis (12/9) di Lapangan Pandansari Kelurahan Sumberrejo Mertoyudan Magelang, diikuti 750 orang peserta.


Sambutan Bupati Magelang dalam pembacaan sambutan presiden RI pada upacara peringatan Pramuka ke 58 Tahun 2019, Tema Hari Pramuka ke-58 adalah "Bersama segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI".


"Tema ini sangat tepat untuk menyikapi situasi dan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Maraknya berbagai permasalahan yang kita hadapi mulai dari penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, intoleransi hingga penggunaan media sosial dipenuhi ujaran kebencian, kabar bohong, dan pornografi yang harus kita tanggulangi bersama-sama," ucap Zaenal sebagai inspektur upacara. 


Dalam kesempatan tersebut, bendera Merah Putih dikibarkan setengah tiang untuk menghormati berpulangnya Presiden ketiga RI BJ Habibie.


"Dalam upacara ini bendera Merah Putih dinaikan penuh, kemudian diturunkan setengah tiang karena Bangsa Indonesia sedang berduka kehilangan salah satu putra terbaik bangsa, yaitu Presiden RI ke tiga Bapak BJ Habibie," ungkap Zaenal kepada peserta upacara.


Di akhir upacara diserahkan piagam dan piala kepada Pramuka berprestasi, diantaranya dalam Jambore Daerah di Blora 24-29 Agustus, Perkemahan Antar Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) di bawah naungan Polri, serta Pramuka Garuda yang juga dilaksanakan dalam bulan kemarin.


"Pramuka adalah sebenar-benarnya pendidikan budi pekerti yang langsung dipraktekkan.


Ditambah bila aktif di Saka-saka, seperti Saka Bhayangkara diampu Polri, Saka Bakti Husada diampu oleh Dinas Kesehatan, maka akan mendapatkan tambahan kompetensi dan keterampilan lebih," papar Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Magelang Eko Triyono. 


Turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Ketua DPRD Suharno, Sekda Adi Waryanto, Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, Kapolres AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Plt Asisten 1 Iwan Sutiyarso, Plt Kepala Dinas Pendidikan Endra Indah Wacana, perwakilan SKPD, Forkopincam Mertoyudan dan instansi terkait. 


Upacara juga diikuti Camat, kepala sekolah, Ketua Kwartir Cabang Pramuka, Pengurus Andalan Kabupaten Magelang, peserta pelajar pramuka perwakila  SD, SLTP, SLTA se Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar