Unimma Sosialisasikan Bahaya Rokok dengan Rafting Competition

Dilihat 1542 kali
Salah satu Tim Rafting mengikuti kompetisi tingkat regional di acara Smoke Free di Mentari Rafting Competition 2023

BERITAMAGELANG.ID - Pesona wisata di Kabupaten Magelang sangatlah banyak dan menarik. Salah satunya wisata rafting di jalur sungai Elo. Selain pemandangan sekitar sungai, rafting ini juga memberikan tantangan hiburan dan adrenalin menyusuri sungai. 


Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Mentari UNIMMA  menyelenggarakan kegiatan Mentari Rafting Competition (MRF) 2023, Jumat (10/3). Acara tersebut dapat terlaksana atas dukungan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang. 


Pelaksanaan kegiatan rafting tersebut merupakan kompetisi tingkat regional yang diikuti oleh atlet rafting dan UKM pecinta alam se Jawa Tengah dan DIY. Acara diawali dengan sosialisasi tentang bahaya rokok dan upaya pencegahan prevelensi perokok muda di wilayah Magelang dan sekitarnya. Seperti yang kita ketahui bersama, merokok bisa merugikan diri sendiri maupun orang yang berada di sekitar perokok atau yang sering kita sebut bahaya perokok aktif dan pasif.


“Kehadiran MTCC dalam kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kampanye kampus bebas asap rokok dan menghadirkan arti sehat tanpa rokok di kalangan muda dengan program Youth Program for smoke free,” ungkap Retno selaku Ketua MTCC. 


Upaya lain yang dilakukan Pemerintah dalam rangka pengendalian rokok, yakni menaikkan tarif rokok cukai hasil tembakau (CHT) sebesar 10 persen di tahun 2023 dan 2024. Kebijakan ini berlaku pada golongan sigaret kretek mesin (SKM), sigaret putih mesin (SPM), dan sigaret kretek pangan (SKP) dengan tarif berbeda sesuai dengan golongannya. Aturan ini tertuang pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 191 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas PMK Nomor 192 Tahun 2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.


“Untuk anak muda di Kabupaten Magelang terutama yang masih sekolah jangan coba coba merokok, selain aturan sekolah yang harus dipatuhi sisi kesehatan dan fokus sekolah menjadi prioritas yang harus diutamakan. Lebih baik tingkatkan prestasi dan berolahraga dengan baik,” pesannya.


Kompetisi dibuka oleh wakil rektor 1 Puguh Widiyanto mewakili rektor UNIMMA sekaligus membuka rangkaian sejumlah kegiatan UKM Mentari dalam rangka memperingati hari milad Mentari UNIMMA yang ke-40 dan akan berlangsung selama 3 hari. 


Event ini diharapkan menjadi ajang silahturahmi unit kegiatan mahasiswa pecinta alam se Jawa Tengah dan DIY sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap alam sekitar dan menjaga kelestarian alam yang baru-baru ini sering terjadi bencana alam dan kerusakan alam yang disebabkan oleh ulah manusia, saran Puguh di sela-sela acara pembukaan.


Kegiatan kejuaraan rafting tingkat regional kali ini dipusatkan di kampus 1 Univesitas Muhammadyah Magelang dan sungai Elo Kabupaten Magelang. 


“Kegiatan berlangsung meriah dengan diikuti oleh 19 Tim putra putri di wilayah Jawa Tengah dan DIY dengan memperlombakan 3 jenis lomba yaitu sprint, water resque dan head to head,” ungkap Anas, Ketua Panitia Penyelenggara.


Mapsa, salah satu peserta yang mengikui kompetisi ini sangat puas dengan penyelenggaraan ini dan diharapkan UKM Mentari mengadakan event seperti ini paling tidak setahun sekali. Para peserta juga menanggapi positif terhadap peran MTCC dalam mensponsori kegiatan ini. Sosialisasi tentang bahaya rokok sangat menginspirasi kepada semua peserta dan kaum muda yang saat ini banyak dipengaruhi oleh iklan rokok dan vape.


Kegiatan ini selain menjadi alternatif kaum muda untuk berprestasi, belajar hidup sehat, berkompetisi  sambil merawat  dan menjaga lingkungan dengan membebaskan lingkungan alam dari cemaran asap rokok.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar