Kecamatan Salam Gelar Deklarasi Unik Pilkades Damai

Dilihat 321 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin di acara Deklarasi Pilkades Damai di Kecamatan Salam Minggu, (3/11/2019)

BERITAMAGELANG.ID - Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Magelang, upaya menjaga kondusifitas terus dilakukan, salah satunya dengan deklarasi damai di Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, Minggu (3/11/2019).


Deklarasi damai di Pasar Gemblung Salam itu diikuti 10 calon kepala desa (cakades), tim sukses, dan unsur panitia Pilkades. Secara khusus Bupati Magelang Zaenal Arifin hadir dalam acara tersebut dan mengapresiasi deklarasi yang digelar secara unik tersebut.


"Saya sangat mengapresiasi adanya deklarasi damai Pemilu kades ini," kata Zaenal di sela acara,


Menurutnya, Pilkades hanyalah sarana saja, bukan tujuan akhir. Tujuan akhirnya adalah kita ingin membangun kebersamaan, membangun wilayah Kabupaten Magelang untuk menuju Indonesia yang sejahtera, damai dan bersatu.


"Kita harus bisa bergotong-royong bersama, saling menghormati, sesuai dengan tugas dan peran kita masing-masing," ujar Zaenal.


Ia juga mengatakan bahwa deklarasi damai ini dapat menjadi spirit bagi peserta untuk menjaga kondusifitas lingkungan sehingga semua proses Pilkades dapat berjalan dengan lancar, damai, tanpa ada halangan apapun.


"Ketika kalah pun sudah mendeklarasikan siap untuk menerima kekalahan itu. Ini sesuatu yang luar biasa, ketika kita bertarung jarang juga yang siap mengakui kekalahan itu," terang Zaenal.


Pilkades serentak Kabupaten Magelang diikuti 294 desa dari 21 kecamatan. Pemungutan suara Pilkades akan dilaksanakan pada 24 November 2019. Zaenal mengingatkan agar upaya antisipasi kerawanan di setiap wilayah di Kabupaten Magelang harus terus dilakukan melalui pendekatan dari jajaran pemerintah dan pihak keamanan TNI Polri.


"insya Allah kerawanan di Kabupaten Magelang dapat diminimalisir, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," harapnya.


Sebanyak 10 calon Kades menandatangani komitmen bersama menciptakan Pilkades damai, aman dan sukses.


"Ini kita laksanakan dalam rangka perventif, menjelang pelaksanaan Pilkades yang akan berlangsung tanggal 24 November mendatang," ujar Kapolsek Salam, AKP Maryadi, penggagas Deklarasi Pilkades damai Kecamatan Salam ini.


Melalui deklarasi Pilkades damai ini, harapan semua pihak dapat berjalan, aman, dan lancar. Semua pihak baik pendukung dan para calon bisa menjunjung tinggi sportivitas. 


"Menang itu bukan tujuan, yang jelas kita bersama-sama membangun desa," jelas Maryadi.


Maryadi juga memastikan bahwa Pilkades di wilayah hukum Kecamatan Salam akan berlangsung aman. Upaya antisipasi dari semua pihak terus dilakukan 


"Untuk hasil pemetaan dalam pelaksanaan pilkades nanti, kecamatan Salam insya Allah aman dan tidak ada konflik," tegasnya.


Salah satu yang menarik dari Deklarasi Pilkades damai ini adalah pentas tarian kontemporer dari seniman lokal berjudul 'Ari Gemblung' yang mengingatkan bahwa semua harus berfikir rasional tidak mengedepankan emosi sesaat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar