UNIDES Wakil Kabupaten Magelang di Final Krenova Jawa Tengah

Dilihat 850 kali
Tim UNIDES saat presentasi online final Krenova Jawa Tengah
BERITAMAGELANG.ID - Kegiatan kreatif Universitas Pemuda Desa Indonesia (UNIDES) yang digagas para pemuda di Dusun Ngetos Desa Sriwedari Kecamatan Muntiln Kabupaten Magelang masuk dalam nominasi 10 besar kompetisi Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) 2021 yang diselenggarakan BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah) Provinsi Jawa Tengah.

"Kita telah berjalan sampai tahap seleksi presentasi pada hari Kamis, 25 Agustus 2021," ucap Anang Imamuddin, selaku Dewan Pembina UNIDES, Selasa (31/8/2021).

Sebelumnya, dalam hal ini UNIDES harus bersaing dengan para peserta dari 29 kabupaten dan 6 kota di Jawa Tengah untuk mengikuti seleksi tahap 1 sejak Mei 2021.

"Pada tahap akhir ini, hanya ada 10 peserta yang lolos dari 35 peserta yang ada. Termasuk UNIDES," paparnya.

Dijelaskan Anang, UNIDES merupakan lembaga pendidikan non formal berbasis potensi masyarakat yang berfokus pada bidang pemberdayaan pemuda. 

Melalui tiga inti program yaitu pendidikan, pelatihan, dan pendampingan, UNIDES ingin memberikan akses dan fasilitas kepada pemuda desa di seluruh Indonesia agar mampu menjadi agen-agen penggerak pemberdayaan di masing-masing kampung halamannya. 

Rektor UNIDES Khabib Anwari menyatakan sudah ada 6.500 mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang terlibat dan 250 pemuda desa yang sudah menerima manfaat program.

"Hingga saat ini, secara resmi UNIDES telah meluluskan pemuda desa dari Tasikmalaya, Lampung, Tegal, dan Madura yang selama 2 bulan telah intensif mengikuti perkuliahan di UNIDES," jelasnya.

Diungkapkan Khabib meskipun lembaga non formal, UNIDES mempunyai perangkat pembelajaran seperti kurikulum, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), modul pembelajaran, dan lainnya. Adapun tenaga pendidik berasal dari berbagai latar belakang seperti profesional, akademisi, aktivis, juga instansi pemerintah.

Pelaksanaan program dilakukan layaknya seperti perguruan tinggi pada umumnya. Hanya saja, pelaksanaan pembelajaran secara offline dilakukan secara berpindah-pindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya sesuai dengan kawasan binaan UNIDES. 

"Visi terbesar UNIDES adalah mencetak sumber daya manusia yang cerdas, unggul, berani, dan tak terbeli di setiap desa di Indonesia guna mewujudkan kesejahteraan bangsa dari desa desa di Indonesia," harap Khabib.

Terpisah, Kepala Bidang Litbang pada Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang Wahyu Hernowo menyampaikan apresiasi dan komitmennya untuk terus mendukung dan memfasilitasi ide-ide kreatif warga Magelang dalam rangka berpartisipasi menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat.

Ia berharap, melalui ajang Krenova Jawa Tengah ini mampu mengharumkan nama Kabupaten Magelang di tingkat provinsi sekaligus memantik UNIDES agar dapat terus berkembang dan meluaskan cakupan wilayah di Indonesia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar