UMKM Jadi Fokus Utama Pemulihan Ekonomi Kabupaten Magelang

Dilihat 262 kali
BERITAMAGELANG.ID - Dalam kunjungan kerja Komite IV DPD RI di Kabupaten Magelang, Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad mengungkapkan tujuan utama kedatangan mereka adalah untuk melihat dan mengamati percepatan pemulihan ekonomi di Kabupaten Magelang, terutama di bidang UMKM. Percepatan pemulihan ekonomi salah satunya dapat dilakukan dengan subsidi bunga bank, menurutnya hal ini dianggap efektif.

"Hasil kunjungan kerja ini, nanti akan saya laporkan ke Menteri Keuangan dan Presiden. Apa yang perlu kami bantu untuk keperluan rakyat di Kabupaten Magelang, khususnya UMKM," ujar Fadel Muhammad dalam kunjungan kerja Komite IV DPD RI di Pendopo drh. Soepardi Kabupaten Magelang, Senin (1/2/2021).

Saat menerima kunjungan tersebut, Bupati Magelang, Zaenal Arifin menuturkan selama pandemi covid-19, Kabupaten Magelang selalu menaati arahan Pemerintah Pusat terkait pemulihan ekonomi.

"Pemerintah daerah akan selalu meng-upgrage kebutuhan-kebutuhan mendasar agar kami saat memberikan pelayanan bagi masyarakat, bisa benar-benar melaksanakan sesuai dengan perannya berdasarkan visi misi kita," ungkap Zaenal.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Magelang memprioritaskan kesiapan jaring pengaman ekonomi dan saat ini sedang mempersiapkan jaringan ekonomi tersebut, dengan harapan bantuan dari pemerintah pusat.

"Kehadiran bapak ibu agar memberikan angin segar, agar kami dapat menjaga masyarakat. Tugas kami adalah melindungi dan mensejahterakan rakyat dalam situasi dan kondisi apapun, supaya langkah ke depan lebih baik lagi," harapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi, Basirul Hakim mengungkapkan, pandemi covid-19 ini berdampak pada perekonomian Kabupaten Magelang, terutama UMKM. Khususnya di bidang olahan batik dan bambu. Namun, Pemerintah Kabupaten Magelang berusaha untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi.

"Pemerintah Kabupaten Magelang selalu memberikan pelatihan, pemberdayaan dan akan selalu kita daftarkan bantuan, serta akan menginformasikan kepada pelaku UMKM. Harapannya Kabupaten Magelang diberikan kemudahan atau peluang lebih besar terkait dana UMKM," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar