UMKM Bisa Promosi Produk Lewat Aplikasi Jelajah Magelang

Dilihat 1135 kali
ASN Dinas Kominfo menunjukan aplikasi Jelajah Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang beri kemudahan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya, salah satunya melalui aplikasi Jelajah Magelang. Lewat aplikasi yang sudah dilaunching pada 2019 itu, para pelaku UMKM bisa memajang produk ataupun jasanya untuk dijual.


"Kita kan sudah punya aplikasi Jelajah Magelang itu bisa untuk menjual potensi-potensi yang ada di pelosok desa wilayah Magelang. Semuanya fitur yang ada di sana, ada rumah makan, warung makan, desa wisata, oleh-oleh kemudian ada wisata, silakan," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra E. Wacana, Senin (26/4/2021). 


Endra berharap aplikasi Jelajah Magelang bisa dimanfaatkan oleh para UMKM di desa-desa untuk menjual produk-produknya.


"Sehingga harapan kami nanti setiap orang yang berkunjung ke Magelang ini nanti kalau kepengin mencari makanan khas di Gunungpring, misalnya jemunak. Itu tinggal ketik aja Jemunak nah di situ nanti akan diarahkan karena di aplikasi ini sudah diarahkan dengan tracing lokasi google maps.


Jadi nanti tinggal klik saja, akan diarahkan oleh google maps, ke sana berapa menit, jaraknya berapa kilo (meter) kan kelihatan," imbuhnya. 


Tidak hanya itu, industri otomotif, pendidikan, industri, dan bengkel kecilpun bisa memanfaatkan aplikasi Jelajah Magelang. 


"Bahkan selalu saya sampaikan tukang pijet aja bisa. Seandainya mau mempromosikan tukang pijat. Sekarang kan baru ngetren belakangan ini bekam misalnya, pengobatan alternatif.


Atau kalau kita posisi pakai motor atau pakai mobil mau cari tambal ban terdekat, ketik saja tambal ban terdekat, nanti akan diarahkan oleh aplikasi," tambah Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Statistik, Sugeng Riyadi. 


Jika masyarakat ingin mempromosikan produknya lewat aplikasi Jelajah Magelang, mereka bisa menghubungi admin desa setempat yang sudah dilatih oleh Dinas Kominfo Kabupaten Magelang.


"Tapi kalau seandainya nanti dari Disdagkop menghendaki kita melatih UMKM akan kita ikuti. Akan kita latih mereka. Harapannya supaya aplikasi ini bermanfaat," harapnya. 


Tidak hanya UMKM, para petani dan peternak pun bisa memanfaatkan aplikasi Jelajah Magelang untuk menjual produknya, seperti beras, tepung atau beras organik dan sejenisnya juga bisa. 


"Peternakan pun bisa (promosi produknya) apalagi menjelang hari raya kurban sehingga pusat ternak kambing ada dimana, yang punya ternak sapi dimana itu kan sangat-sangat membantu sebenarnya. 


Kalau masyarakatnya sudah melek IT otomatis kabupatennya akan cerdas, sehingga Smart Village for Smart City bisa terwujud," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar