Sambut 'Nyepi', Upacara Melasti Digelar

Dilihat 1849 kali

BERITAMAGELANG.ID - Ratusan Umat Hindu di Magelang melakukan Upacara Melasti di Tuk Mas, Dusun Dakawu, Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (05/03). Upacara Melasti dilangsungkan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi. 

Umat berdatangan menuju mata air Tuk Mas dengan membawa sesaji maupun umbul-umbul. Upacara Melasti dipimpin Tokoh Agama, Jro Mangku Wayan Kadek. Umat Hindu tampak khidmat mengikuti jalannya Upacara Melasti. 

"Tadi padi sebelum melaksanakan Melasti ke sini, sudah melaksanakan persembahyangan di Pura Wira Buwana dalam rangka memohon keselamatan perjalanan dari Pura menuju Tuk Mas Grabag Magelang," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Magelang, I Gede Suarti. 

Menurutnya, Melasti berarti membersihkan segala kotoran yang ada di tubuh manusia secara rohani, jasmani maupun alam semesta.

"Persembahyangan dilanjutkan dengan pengambilan air suci. Air suci nanti disemayamkan di Pura," katanya. 

I Gede Suarti menambahkan, Catur Brata penyepian terdiri dari empat. Pertama, amati geni atau tidak menyalakan api. Kedua, amati lelungan atau tidak bepergian, ketiga, amati lelanguan atau tidak bersenang-senang dan keempat, amati karya atau tidak bekerja.

"Pada tanggal 8 (Maret) pagi, kita melakukan gembak geni. Gembak geni artinya kita semalamnya sudah melaksanakan instrospeksi pada saat Catur Brata penyepian, apa yang sudah dilakukan, apa yang belum dilakukan. Kira-kira yang tidak baik kita hilangkan, kita berbuat baik untuk selanjutnya," ujarnya mengakhiri. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar