Uji Coba Pembukaan Candi Borobudur Mulai Besok

Dilihat 2381 kali
Konferensi Pers uji coba pembukaan Candi Borobudur
BERITAMAGELANG.ID - Candi Borobudur melakukan uji coba pembukaan mulai besok, Kamis (25/6/2020). Pembukaan ini dilakukan setelah melalui tiga tahap simulasi protokol kesehatan covid-19 pada 10,16, dan 18 Juni 2020.

Bupati Magelang Zaenal Arifin membenarkan, pihaknya sudah mendapat laporan dari PT Taman Wisata Candi untuk melakukan aktifitas yang juga telah mendapat rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan hal tersebut maka pihaknya juga mempertimbangkan epidemiologi khususnya yang disampaikan Dinas Kesehatan bahwa wilayah Borobudur berada di zona kuning.

"Sehingga boleh melakukan aktivitas dalam kondisi yang terbatas," ungkap Zaenal saat Pers Conference uji coba pembukaan operasional Candi Borobudur, Rabu (24/6/2020).

Zaenal juga menyampaikan Kabupaten Magelang sudah memutuskan untuk mempersiapkan menuju kenormalan baru atau new normal. Berbagai kegiatan harus berpedoman pada prinsip dasar protokol kesehatan.

"Jadi tidak hanya aktivitas di Candi Borobudur saja. Nantinya ke depan juga akan diterapkan di seluruh tempat termasuk destinasi wisata yang lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Magelang," jelasnya.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, mengatakan, sebelumnya pihaknya telah mempersiapkan prosedur protokol kesehatan Covid-19 kurang lebih selama dua bulan. Setelah itu dilakukanlah simulasi yang dievaluasi langsung oleh Bupati Magelang dan Gubernur Jawa Tengah.

"Sesuai aturannya sebenarnya kita boleh menerima pengunjung hingga 50 persen. Tetapi kita tidak ingin gegabah, kita akan melakukan pembatasan pengunjung hanya 10 sampai 15 persen atau maksimal 1.500 orang per hari yang pelaksanaannya akan dimonitoring oleh tim dari Pemerintah Daerah," jelas Edy.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi, menambahkan, Borobudur merupakan gerbang berdamai dengan covid-19. Dimana covid-19 masih ada, tetapi produktivitas tetap berjalan  dengan memperhatikan protokol kesehatan yang disepakati.

"Kami Disporapar Provinsi Jawa Tengah mewakili gugus tugas Covid provinsi menyampaikan rekomendasi untuk dilaksanakannya uji coba. Dan ini sejalan dengan kebijakan Pak Bupati terkait dengan kebijakan gugus tugas Covid setempat," kata Sinoeng.

Pada kesempatan yang sama, Sinoeng juga mengusulkan agar uji coba pembukaan operasional Candi Borobudur dibagi menjadi dua shift agar tidak terjadi kerumunan pengunjung. Kendati demikian, hal tersebut dikembalikan lagi oleh pihak Taman Wisata Candi.

"Paling tidak bisa dibagi menjadi dua shift, bisa pagi dan siang. Jadi tidak langsung 1.500 pengunjung, tetapi bisa dibagi menjadi dua agar petugas pun bisa melayani dengan maksimal," pesannya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar