Tumbuh Kembang Anak Dalam Pelayanan Holistik Integratif

Dilihat 1838 kali
Deteksi Dini Pada Tumbuh Kembang Anak, menjadi tema kegiatan Rakor Bakohumas ke IV.

BERITAMAGELANG.ID - Ketua Pokja II PKK Kabupaten Magelang, Ida Rianawati mengatakan Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Posyandu, dilakukan secara holistik integratif.


Holistik integratif adalah pelayanan mencakup semua kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait. 


Untuk aspek perawatan, kesehatan dan gizi melalui Posyandu. Aspek pendidikan melalui PAUD. Serta aspek pengasuhan melalui Bina Keluarga Balita dan Anak (BKB). 


Dimana berbagai pelayanan yang dilakukan harus saling bersinergi dan mampu memenuhi kebutuhan esensial anak secara utuh. Pelaksanaan BKB dan Anak yang sudah terintegrasi dengan kegiatan Posyandu dan PAUD biasa dikenal dengan sebutan BKB Holistik Integratif (BKB HI).


Namun, di wilayah Kabupaten Magelang masih ada yang belum terintegratif dengan lembaga-lembaga lain. Di sisi lain, juga kurang akses pemerataan kualitas penyelenggaraan pelayanan Posyandu, PAUD dan BKB secara menyeluruh dan terpadu. 


“Kurangnya ketersediaan SDM, sarana prasarana dan anggaran untuk membumikan PAUD HI. Di wilayah ini ada 1.281 PAUD tersebar di 21 kecamatan yang masih perlu dioptimalkan," ucap Ida Rianawati saat menjadi narasumber Rakor Bakohumas ke IV bertema 'Deteksi Dini Pada Tumbuh Kembang Anak', Jumat (14/12) di Ruang Bina Karya Komplek Setda Kabupaten Magelang.


Saat membuka kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyampaikan orang tua jangan sampai melewatkan masa emas anak, dalam masa tumbuh kembangnya.


Anak-anak akan melewati masa-masa emas, dimana pengalaman dan pengetahuan baru di masa millenial ini, jika tidak diarahkan tentu berbahaya. 


“Sejalan dengan itu, pengetahuan kita juga perlu diupgrade akan sesuai dengan masa pertumbuhan anak pada era millenial ini," ungkap Adi.


Selain itu, juga dihadirkan narasumber lainnya, Dr Ratna Dewi Pangestuti Spesialis Kesehatan Jiwa yang sekaligus juga sebagai konsultan tumbuh kembang anak dari RSJ Soerojo Magelang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar