Tren Bersepeda Kembali Hits di Tengah Pandemi Covid-19

Dilihat 151 kali
Komunitas Gowes Motoyuyu saat melintas di daerah Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, bersepeda utamakan keselamatan.
BERITAMAGELANG.ID - Tren bersepeda kembali marak di tengah pandemi covid-19. Olahraga gowes memang digemari semua usia. Hal tersebut bisa dilihat di sepanjang jalan yang hampir dipenuhi goweser, yang makin ramai, bahkan tidak hanya di hari libur.

Salah satu goweser yang tergabung dalam komunitas sepeda "Motoyuyu" (Mata Kepiting), Sakimun mengatakan, komunitas tersebut sudah dirintis sejak 2018, jauh sebelum pandemi covid-19 terjadi. 

"Jadi kami gowes bukan karena ikut-ikutan tren tetapi karena kebutuhan akan olahraga menggunakan media sepeda kayuh," ucap Sakimun, yang menjabat Ketua Motoyuyu 2018-2020.

Sakimun mengatakan, gowes yang menjadi tren saat ini diharapkan bisa menjadi sarana olahraga menjaga kebugaran tubuh dengan penuh keceriaan tanpa mengabaikan sopan santun dalam bersepeda  di jalan.

"Ini adalah kabar baik karena masyarakat sudah kembali menggunakan sepeda sebagai sarana olahraga. Dan harapannya bukan hanya menjadi tren sesaat saja.

Dan tentunya tetap taat berlalu lintas saat di jalan raya. Karena cukup sering kami gowes keluar daerah, seperti ke pantai Yogyakarta, selain di dalam daerah dengan trek menantang di seputaran Kabupaten Magelang seperti di Telaga Bleder Grabag," terang Sakimun, yang mengusung motto "Sehat, Bugar Sambil Pesiar".

Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Korwil Magelang, Muhammad Sani Lais menambahkan, kembali populernya hobi gowes, mempengaruhi sedikit permintaan akan sepeda klasik. Dimana sebelumnya sepeda klasik atau onthel hanya diminati kalangan tertentu.

"Untuk merk tertentu harganya memang mahal, bahkan ada yang seharga mobil, karena kelangkaannya dan keorisinilannya. Tren sepeda saat ini, pengaruhnya sedikit terhadap sepeda klasik karena peminatnya hanya segmen tertentu. Banyak yang beralih ke sepeda keluaran baru," ujarnya.

Sani mengatakan, banyak obyek wisata ditutup selama pandemi Covid 19, menjadikan bersepeda sebagai pilihan rekreasi yang murah dan menyehatkan.

"Beli sepeda tidak harus mahal, yang terpenting bisa dipakai berolahraga. Dan yang terpenting di jalan raya tetap berbagi dengan pengguna jalan lain dan tetap utamakan keselamatan," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar