Tour de Borobudur Tempuh Rute 120 Km, Ganjar Nyaris Kram Kaki

Dilihat 2394 kali
Ganjar Pranowo beserta istri saat menerima kalung medali di Finish, Akhsobya Candi Borobudur

BERITAMAGELANG.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kalung medali di taman Akhsobya Candi Borobudur. Hal tersebut dilakukan setelah dirinya menyelesaikan finish Sport Tourism bertajuk Tour De Borobudur “Saya Sudah Divaksin” yang digagas oleh Semarang Bicycle Association (Samba) bekerja sama dengan Bank Jateng, Sabtu (6/11).


Dalam perjalanan menggunakan sepeda dimulai dari Solo hingga Borobudur, orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut sempat akan mengalami kram kaki.


“Hari ini gak tau kenapa panasnya luar biasa. Tapi Alhamdulillah kita dapat lampaui itu. Tadi sempet hampir kram sedikit kakinya. Kemudian kita siram pakai air, akhirnya lumayan, bisa sampai ke sini (Borobudur),” ujarnya.


Menurutnya, rute yang ditempuh kali ini cukup menarik. Dan dirinya sempat tersesat salah arah sekitar lima kilometer.


“Ini juga dalam rangka promosi wisata, persiapan pembukaan tempat pariwisata. Tahun lalu ketika tempat pariwisata masih tutup, Tour De Borobudur tetap jalan. Kita olahraga sambil promosi wisata. Jadi kita dorong terus agar event ini tetap terjaga. Terima kasih juga buat Bank Jateng yang selalu support,” lanjutnya.


Setelah menyelesaikan finish di taman Akhsobya Candi Borobudur, rombongan Gowa Tour De Borobudur menikmati istirahat makan siang di kawasan Candi Pawon.


Di tempat itu, peserta gowes disuguhkan berbagai macam makanan yang berasal dari usaha UMKM masyarakat sekitar, mulai dari sate, makanan ringan hingga sego berkat. Selain itu pertunjukan musik akustik, dan penampilan tari juga turut meramaikan acara siang itu walaupun tetap dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat dan seluruh peserta sudah divaksinasi.


“Sego berkatnya enak, mantab tenan, asli ra ngapusi aku. Ora dumeh sing takon sampean. Dibungkus pakai daun jati. Oseng tempenya kalau lebih banyak sedikit pasti joss," selorohnya.


Hendra Dharmanto, Ketua panitia Bank Jateng Tour de Borobudur 2021 menyampaikan jarak gowes kali ini sekitar 120 kilometer. Rute tersebut agak sedikit berbeda karena rute baru


“150 peserta kali ini yang ikut. Dan Alhamdulillah bisa sampai finish di Borobudur," katanya.


Dijelaskan Hendra, kegiatan Tour De Borobudur akan dilanjutkan pada Minggu (7/11) dengan rute menanjak yaitu menuju Nepal Van Java di Kabupaten Magelang.


Prana Aji, pelaku wisata kopi dan moda transportasi VW menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terutama Gubernur Jawa Tengah yang telah menjadikan tempat tinggalnya tempat transit untuk istirahat dan makan siang peserta Tour De Borobudur.


“Kami selaku warga Borobudur menyampaikan terima kasih atas semuanya. Kegiatan ekonomi mulai dari UMKM, seni pertunjukan dan lain sebagainya dapat mulai menggeliat. Semoga dengan promosi yang dilakukan Tour De Borobudur ini dapat memberikan manfaat, terlebih kepada pelaku pariwisata," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar