Ayyub, Guru Inovator dari Magelang Terbang ke Prancis

Dilihat 123 kali
Solehuddin Al Ayyubi, Guru SDN Banyuwangi 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Warga Kabupaten Magelang patut berbangga karena salah satu gurunya mampu bersaing di kancah Internasional. Solehuddin Al Ayyubi (36) guru SDN Banyuwangi 1 Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terbang mengikuti Education Exchange (E2) di Paris, Prancis awal April ini.

Ia mengikuti forum yang dihadiri inovator dari berbagai negara di dunia. Terdapat 100 negara di dunia yang mengikuti acara internasional ini. Masing-masing negara memilih dan mengirim 3 guru dengan keahlian yang sama. 

"Kegiatan E2 ini bukanlah sebuah kompetisi, namun ajang unjuk kreativitas guru dalam pembelajaran tanpa batas berbasis digital," ujar Ayyub, panggilan akrabnya.

Ia mewakili Indonesia bersama dengan beberapa guru yang lain, diantaranya Imam Syafi Guru SMPN 2 Bangilan Jawa Timur dan Deni Ranoptri Guru SDN 1 Nawin Hilir Kalimantan Selatan. Sebelum diberangkatkan ke Prancis, Ayyub dan rekannya mengikuti diklat di Jakarta selama 3 hari.

"Di Paris, seluruh peserta membawa keunggulan kreativitas mereka masing-masing," ungkapnya. 

Ayyub, guru kreatif ini menekuni pembelajaran tanpa batas berbasis Information Technology (IT) sepanjang 2018-2019. Pembelajaran yang difasilitasi Microsoft Office 365 tersebut diikutinya dengan tekun. 

Mulai dari Hack the Classroom, Skype-a-Thon, serta berbagai pelatihan dan seminar yang diselenggarakan setahun terakhir. Ketekunan itu membuatnya terpilih mewakili Indonesia ke kancah dunia. 

Trainer pembelajaran digital guru-guru Magelang ini berharap kreasinya menginspirasi para pendidik di dunia dan di Indonesia khususnya. Sehingga para guru semakin kreatif, inovatif, dan terbiasa dengan dunia digital untuk pembelajaran. 

Di ajang E2 dia ingin menunjukkan kreativitasnya berupa marketplace Teknologi Skype. Dalam marketplace yang dibuatnya bertajuk 'Borders can't stop us! What we did?'. Marketplace itu telah dipamerkan di hadapan Bupati Magelang dalam pameran Pendidikan beberapa waktu lalu.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar