Tokoh Agama Nyatakan Penghitungan Suara Pemilu Terbuka, Aman, Jujur, Adil dan Demokratis

Dilihat 1449 kali
Para Tokoh Agama usai melakukan deklarasi menyatakan proses rekapitulasi perhitungan suara di Tingkat Kabupaten Magelang, berjalan aman, jujur, adil, dan demokratis.

BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah tokoh agama hadir di GOR Gemilang Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (4/5/2019). Mereka melakukan deklarasi menyatakan proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 telah berjalan secara terbuka, aman, jujur dan adil.

Tokoh agama yang hadir diantaranya Sekretaris MUI Kabupaten Magelang, KH Chamami, Wakil Ketua FKUB Kabupaten Magelang, Fathan, dan Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jumari. 

"Saya Wakil Ketua MUI Kabupaten Magelang, saya selaku pengurus FKUB Kabupaten Magelang, saya Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang, dengan ini menyatakan pelaksanaan rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Magelang yang diselenggarakan pada tanggal 3-5 Mei 2019 berlangsung aman, jujur, adil, dan demokratis, serta tidak terdapat kecurangan dalam pelaksanaannya," seru para tokoh agama tersebut saat bersama-sama mengucap deklarasi. 

Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Kabupaten Magelang, Suharno, turut hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa proses rekapitulasi perhitungan suara yang diselenggarakan di GOR Gemilang berjalan dengan aman dan kondusif atas bantuan dari beberapa pihak, terutama TNI dan Polri.

"Hal ini sudah sesuai dengan yang diharapkan, meskipun ada sedikit hambatan namun itu masih wajar, tetapi saya kira untuk di Kabupaten Magelang ini tidak terlalu signifikan untuk menimbulkan hal-hal yang akan mengganggu proses jalannya Pemilu," kata Suharno.

Ia juga menyatakan akan menerima semua hasil yang nantinya akan diputuskan oleh pihak KPU terkait hasil rekapitulasi tersebut.

"Kalau memang itu sudah menjadi keputusan, yang sudah diputuskan oleh KPU, kami dari BPN akan menerima hasilnya dalam rangka rekapitulasi ini," ujarnya.

Kapolres Magelang, AKBP Yudianto Adhi Nugroho, menambahkan, berjalannya proses rekapitulasi yang dilaksanakan dari tanggal 3 Mei hingga hari ini tidak terdapat komplain masih berjalan dengan lancar. Masing-masing kubu pendukung Paslon mengikuti kegiatan dengan tertib.

"Tidak ada aksi-aksi yang bersifat protes dan lain sebagainya. Kami memang sempat mendapatkan beberapa komplain dari salah satu ormas pendukung Paslon, tapi setelah dijelaskan oleh Bawaslu dan KPU, akhirnya mereka bisa menerimanya dengan baik," pungkas Kapolres. (Rem) 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar