TMMD Reguler 112 Buka Akses Antar Desa Menuju Ketep Pass

Dilihat 147 kali
Pembukaan TMMD Reguler 212 dan Sengkuyung Tahun 2021 Kodim 0705 Magelang. TMMD kali ini fokus membuka akses warga di Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Akses jalan antar Desa Ketep dengan Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang menjadi fokus pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 112 dan TMMD Sengkuyung Tahun 2021 Kodim 0705/ Magelang.


"Dengan pengerasan jalan tersebut diharapkan bisa mempermudah akses perekonomian petani di dua desa tersebut," kata Komandan Kodim 0705/ Magelang, Letkol Arm. Rochmadi, Rabu (15/9/2021).


Rochmadi mengatakan, pengerasan jalan sepanjang 1.400 meter dan lebar 3 meter tersebut juga untuk mempermudah evakuasi penduduk setempat, bila Gunung Merapi erupsi.


Selain itu, perbaikan jalan tersebut juga untuk mendukung sektor pariwisata, yakni objek wisata Ketep Pass. Karena, di saat objek wisata yang ada di tengah-tengah Gunung Merbabu dan Merapi tersebut ramai pengunjung, bisa dijadikan jalur alternatif.


Adapun sasaran fisik dari program TMMD regular 112 lainnya, yakni pembuatan saluran air sepanjang 585 meter dan lebar 0,5 meter. Selain itu juga membuat senderan (talud) sepanjang 50 meter dengan ketinggian 1,5 meter.


Kegiatan lainnya yakni, melalukan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 10 unit di Desa Ketep.


"Sedangkan kegiatan non fisik yakni pengendalian stunting bagi ibu hamil dan anak-anak, penyuluhan kesehatan berupa peningkatan protokol kesehatan, penyuluhan hukum, vaksinasi Covid-19. Serta penyuluhan bahaya narkoba," ujarnya.


Pada kegiatan yang akan berlangsung selama satu bulan ke depan, Kodim 0705/ Magelang juga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang.


Bupati Magelang, Zaenal Arifin secara khusus mengapresiasi kegiatan pengabdian satuan Kodim 0705 Magelang melalui TMMD yang masih dalam masa pandemi Covid-19. Karena selain program fisik juga disertakan program non fisik.


Dalam kegiatan TMMD baik anggota TNI maupun warga yang membantu tetap mengedepankan protokol kesehatan.


"Guyub rukun dan gotong royong namun tetap aman dari Covid-19," ungkap Zaenal melalui Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto.


Terpisah, Direktur Objek Wisata Ketep Pass, Mul Budi Santoso mengatakan, dengan diperbaikinya akses jalan dari Desa Banyuroto ke Desa Ketep melalui Dusun Puluhan tersebut diharapkan bisa menjadi jalur alternatif menuju objek wisata Ketep Pass.


"Dengan diperbaiki akses jalan tersebut dengan di cor blok, diharapkan bisa menjadi jalur alternatif menuju Ketep Pass di saat hari libur dan akhir pekan yang selalu ramai pengunjung," harap Mul Budi.


Ia menambahkan, selain sebagai jalur alternatif, akses jalan melalui Dusun Puluhan tersebut juga menambah jalur bagi Komunitas Jeep Ketep Pass, sehingga bisa menjadi rute baru yang menarik wisatawan yakni melewati perkebunan milik masyarakat. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar