Tingkatkan Pelayanan, Perpusda Kabupaten Magelang Luncurkan SMS Gateway

Dilihat 1474 kali
Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Mashadi, S.Sos. luncurkan SMS Gateway layanan masyarakat

BERITAMAGELANG.ID - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Magelang, melaunching program SMS Gateway, di Aula Perpusda, Muntilan, Rabu (10/10). SMS Gateway diharapkan dapat melayani masyarakat dengan optimal. Fitur tersebut terkait dengan layanan Perpusda itu sendiri.

"Jadi apabila ada pengunjung yang tidak puas dengan pelayanan, dapat langsung menyampaikan melalui SMS tersebut. Kemudian untuk mengingatkan bagi pemustaka yang sudah meminjam buku. Jadi satu hari sebelum jatuh tempo, mereka akan mendapatkan SMS untuk segera mengembalikan," demikian disampaikan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Mashadi, S.Sos.

Di samping itu, saat ini pihaknya juga tengah merancang kartu anggota Perpusda Kabupaten Magelang berbasis nomor induk kependudukan (NIK). 

"Kemarin izin Bupati juga sudah keluar, mungkin dalam satu atau dua minggu ke depan akan ada penandatanganan PKS, perjanjian kerjasama antara Disdikbud dengan Disdukcapil kaitannya kartu anggota berbasis NIK tersebut," lanjutnya. 

Bagi masyarakat yang ingin meminjam buku di Perpusda Kabupaten Magelang, Mashadi menuturkan, para pemustaka wajib memiliki kartu anggota, boleh meminjam sebanyak 3 buku, dan jangka waktu pengembalian selama satu minggu. 

Hingga bulan lalu, jumlah kunjungan pemustaka tercatat mencapai 200 orang per hari.

"Dari dibukanya Perpusda Kabupaten Magelang pada tanggal 2 April 2017 hingga tanggal 30 September 2018, jumlah pengunjung kita sudah di angka 53.303. Per hari pengunjung yang datang rata-rata mencapai 200 orang, sedangkan di hari Sabtu dan Minggu gedung Perpusda ini sudah seperti destinasi wisata baru yang penuh dengan pengunjung," ungkapnya.

Untuk meningkatkan minat pengunjung, gedung Perpusda juga dilengkapi fasilitas ruang home teater bagi masyarakat secara gratis. Dan menariknya lagi, gedung Perpusda Kabupaten Magelang juga menyediakan ruang khusus bagi para penyandang disabilitas. 

"Gedung ini juga menyediakan fasilitas ruang khusus bagi penyandang disabilitas. Meskipun belum banyak, kita juga memiliki koleksi buku braille yang merupakan bantuan dari balai bahasa. Untuk sementara ini, kita menyediakan buku-buku braille hanya untuk dibaca di sini saja karena belum begitu banyak. Sampai saat ini buku-buku braille ini masih kita olah untuk didata terkebih dahulu," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar