Resmikan SAMSAT Paten Secang, Kabupaten Magelang Ranking Satu Tertib Pajak Kendaraan Bermotor

Dilihat 3563 kali
Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto saksikan warga bayar pajak kendaraan di SAMSAT PATEN Secang usai diresmikan Kamis (05/04)

BERITAMAGELANG.ID -  Pemerintah Kabupaten Magelang terus berstrategi meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Kali ini dengan meluncurkan layanan SAMSAT PATEN (Sistem Administrasi Satu Atap - Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (05/04).


SAMSAT PATEN diluncurkan guna memberi kemudahan kepada masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Kini masyarakat di wilayah Kecamatan Secang dan sekitarnya tidak perlu lagi jauh-jauh membayar pajak kendaraan bermotor di Kota Mungkid, Magelang. Petugas siap melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor SAMSAT PATEN Secang dengan cepat.


"Pajak kendaraan bermotor itu, memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 36 persen. 36 persen itu, kalau kita hitung, sekitar Rp 4 Triliun dari total PAD kita yang mencapai Rp 12 Triliun," terang Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat, di sela-sela acara peresmian kantor SAMSAT PATEN Secang.


Terkait kondisi pembayaran pajak di wilayah Jawa Tengah, lanjut Ihwan, tahun 2017 kepatuhan masyarakat baru mencapai sekitar 68 persen.


"Jadi kalau kita hitung ada 100 pemilik kendaraan bermotor, hanya 68 orang yang membayar pajak. Yang 32 pemilik lainnya tidak membayar pajak," ungkap Ihwan.


Sementara itu, tambah Ihwan, kebutuhan jalan raya di seluruh Jawa Tengah mencapai Rp 6 Triliun hanya untuk jalan provinsi, belum termasuk kebutuhan Kabupaten dan Kota. Kendati demikian, Ihwan tetap merasa bangga karena kesadaran masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang yang tertib membayar pajak kendaraan bermotor.


"Untuk Kabupaten Magelang sendiri, saat ini telah meraih ranking pertama se-Jawa Tengah sebagai kabupaten yang paling tertib dalam membayar pajak kendaraan bermotor," katanya bangga.


Pejabat sementara Bupati Magelang, Tavip Supriyanto yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Magelang terus melakukan perbaikan sistem pelayanan, mulai dari perizinan, Kantor Pelayanan Pajak (KPP), dan ditambah dengan SAMSAT PATEN tersebut.


"Harapannya dapat makin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati," harap Tavip.


Rencananya, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Magelang juga akan membentuk SAMSAT PATEN di wilayah Kecamatan Grabag, dan wilayah eks Kawedanan.


"Meliputi Kecamatan Muntilan, Salam, dan Ngluwar. Tentunya kita akan cek terlebih dahulu kesiapannya dan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Polres Magelang," pungkas Tavip.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar