Tingkatkan Literasi Anak, Bunda PAUD Bacakan Dongeng Secara Daring

Dilihat 1515 kali
BERITAMAGELANG.ID - Untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak, termasuk kecintaan terhadap buku, serta kemampuan menyimak di saat pandemi Covid-19, Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin menggelar 'Bunda PAUD Mengajar' dengan membacakan dongeng bagi anak-anak. Dongeng bertema pentingnya menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, program Bunda PAUD Mengajar telah dilaksanakan sejak awal pandemi. Dongeng dibacakan secara langsung dengan menghadirkan Bunda PAUD di hadapan anak-anak.

"Karena saat ini situasi masih Pandemi, maka kita alihkan kegiatan secara virtual atau daring. Salah satu kegiatannya adalah dengan mendongeng secara virtual. Selain itu, dari Kementerian Pendidikan, Bunda PAUD juga diminta untuk membacakan buku dalam rangka Hari Anak, yang nantinya akan diupload ke YouTube," jelas, Christanti Zaenal Arifin usai membacakan dongeng bagi anak-anak secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (21/7/2021).

Menurut Christanti, kegiatan atau gerakan literasi bagi anak-anak sangatlah penting dilakukan sedini mungkin. Hal ini diharapkan dapat menanamkan kecintaan anak kepada buku (gemar membaca).

"Jadi ternyata secara penelitian, apabila dibacakan buku secara rutin meskipun mereka (anak-anak) hanya mendengar, misalnya sebelum tidur begitu, ternyata menumbuhkan kecintaan mereka kepada buku. Ketika nanti mereka sudah bisa membaca, maka pasti akan sangat gemar sekali," ungkapnya.

Pada kesempatan kali ini, Christanti membacakan dongeng berjudul 'Asiknya Mandi Bersih' dengan dua karakter animasi Beri dan Kumkum. Melalui dongeng ini anak-anak diajak untuk membiasakan mandi minimal 2 kali sehari agar terbebas dari bakteri dan penyakit. 

Ia juga berpesan kepada para orang tua untuk lebih telaten dalam mendampingi anak-anaknya di masa pandemi. Apalagi pada situasi sekarang ini para orang tua tidak bisa lagi menyandarkan anak-anak kepada lembaga-lembaga pendidikan.

"Ketelatenan orang tua mendampingi anak di rumah ini memang sangat penting untuk sekarang ini. Sehingga monggo disempatkan waktu untuk sekedar mengajak anak untuk membaca buku. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini juga perlu meningkatkan kemampuan digital. Maka peran serta orang tua sangat penting untuk juga memberikan kaidah-kaidah kepada anak dalam menggunakan digital," pesannya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar