Tiga Pasien Positif Alih Domisili Ke Jakarta, Hari Ini Tidak Ada Kasus Baru

Dilihat 1506 kali
RS Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Tiga dari delapan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang asal Kecamatan Mertoyudan, diambil pihak keluarga untuk dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta. Dengan demikian, jumlah yang dirawat tinggal lima orang. Untuk jumlah kumulatif pasien positif juga berkurang tiga menjadi 147 orang. Terdiri dari 5 dirawat, 138 sembuh dan empat orang meninggal. 


"Iya benar. Ada tiga pasien positif dari Kecamatan Mertoyudan yang satu keluarga itu, sudah diambil pihak keluarga untuk dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta. Alasannya agar dekat dengan keluarga yang tinggal di Jakarta. Terkait alih status domisi ini, kami sudah koordinasi dengan Puskesmas Johar Baru Jakarta. Dengan demikian, mereka dicatat disana (Jakarta). Sedang disini (Magelang), datanya kami coret," kata Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, Minggu (12/7/2020).


Untuk diketahui, tiga pasien positif itu merupakan satu keluarga. Terdiri dari laki-laki usia 72 tahun, perempuan 63 tahun, dan laki-laki usia 14 tahun. "Sebenarnya ada satu lagi, yakni perempuan usia 9 tahun. Namun ia adalah anak dari pembantunya dan tidak dibawa ke Jakarta. Untuk saat ini, ia tetap tinggal di Magelang dan dirawat di Rumah Sakit Merah Putih," ungkapnya.


Terkait lima tambahan pasien positif terakhir dari Kecamatan Mertoyuda (4 orang) dan Kecamatan Salaman (satu orang), hasil tracing mendapatkan 29 orang yang kontak erat dengan mereka. Terdiri dari 21 orang dengan empat pasien positif dari Kecamatan Mertoyudan dan delapan orang dari Salaman. "Selanjutnya untuk 29 orang itu, Senin dan Selasa besok akan dilakukan swab. Mohon doanya saja, semoga hasilnya negatif," harapnya.


Sementara perkembangan jumlah Pasien Dalam Pemantauan (PDP) hingga Minggu (12/7/2020), tidak ada (zero) PDP baru maupun yang sembuh. Sehingga jumlah kumulatifnya masih tetap 294 orang. "Rinciannya, 10 orang dirawat, 258 sembuh dan 36 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), dari 19 orang hari ini ada tiga orang yang lolos pantau. Sehingga tinggal 16 orang yang masih dipantau," imbuh Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar