Tidak Perlu Antre, Daftar Kir Kendaraan Bisa Lewat Whatsapp

Dilihat 671 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang beri kemudahan pelayanan uji Kir kendaraan bermotor kepada masyarakat. Dinas Kominfo Kabupaten Magelang menyiapkan layanan tersebut melalui nomor Whatsapp Gateway 088802907970. Masyarakat cukup mengetik 'layanan KIR' maka sistem akan menjawab otomatis dengan pilihan layanan sebagai berikut:


1. kir daftar#nomer_uji (untuk daftar antre uji KIR)

2. kir cek#nomer_uji (untuk cek data uji kendaraan)


"Kini layanan tersebut sudah bisa diakses masyarakat luas untuk melakukan uji KIR melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu lagi antre kendaraan sampai ke jalan, hingga menimbulkan kemacetan," demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra E. Wacana, Senin (1/3/2021).


Layanan tersebut berlangsung selama 24 jam.


"Sistem akan menjawab dengan menampilkan data kendaraan, seperti nomor uji, nomor kendaraan, masa berlaku uji, keterlambatan, tarif dan denda yang harus dibayarkan," imbuh Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Statistik pada Diskominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi.


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang melalui Kasi Sarana Prasarana, Suhud Joko Prayitno menjelaskan, sebelum adanya fasilitas KIR secara online ini, masyarakat harus melakukan booking terlebih dahulu di kantor Dishub. Kemudian, masyarakat harus kembali lagi untuk melakukan uji KIR, sehingga hal ini dirasa tidak efektif dan efisien.


"Dengan adanya sistem KIR secara online ini, masyarakat cukup mendaftar booking dari rumah via WhatsApp. Kemudian akan ada jadwal kapan harus datang ke sini (Dishub) untuk uji KIR. Ini semata-mata untuk memudahkan masyarakat agar tidak perlu datang dua kali saat melakukan uji kendaraan bermotor.


Hal ini juga untuk meminimalisir terjadinya antrean panjang yang menimbulkan kerumunan masyarakat di tengah masa Pandemi Covid-19," jelas, Suhud saat dikonfirmasi di kantor Dishub Kabupaten Magelang.


Sejak diberlakukannya layanan KIR secara online per hari Senin (1/3/2021), Dishub Kabupaten Magelang telah melayani sebanyak 60 unit kendaraan.


"Ke depan, kita juga akan mengembangkan layanan ini untuk mengingatkan kepada pelanggan 3 bulan sebelum masa KIR selanjutnya," pungkas Suhud.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar