Tenaga Kesehatan Dapat Support Dari Berbagai Elemen Masyarakat

Dilihat 1601 kali

BERITAMAGELANG.ID - Berbagai elemen masyarakat memberikan dukungan bagi para tenaga kesehatan di Magelang dalam menanggulangi para pasien positif Covid-19. Salah satunya melalui aksi solidaritas dukungan kepada sejumlah tenaga kesehatan di Rumah Sakit (RSUD) Merah Putih, Jumat (8/5/2020).


Berbagai organisasi elemen masyarakat seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, Bawaslu Kabupaten Magelang, Fatayat NU dan beberapa instansi lainnya bersama-sama memberikan semangat serta dukunganya di halaman RSUD Merah Putih.


Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono, mengatakan aksi tersebut merupakan suatu bentuk dukungan secara moril terutama psikis kepada para tenaga medis di Magelang dalam menanggulangi atau merawat para pasien Covid-19.


"Mereka harus diberi semangat agar secara psikis tidak merasa berjuang sendirian," jelas, Bagyo di sela aksi.


Salah satu tenaga medis RSUD Merah Putih, dr Tatang sangat mengapresiasi aksi tersebut. Pada kesempatan yang sama, pihaknya juga meminta masyarakat Magelang agar lebih disiplin dan waspada dalam menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.


"Meskipun kami ini merupakan lapis terdepan dalam merawat para pasien Covid-19. Kami minta masyarakat juga bisa lebih disiplin lagi dalam melakukan pencegahan Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan, yakni dengan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah saja. Apabila terpaksa harus keluar rumah jangan lupa pakai masker," kata dr Tatang.


Dalam aksi tersebut juga mendapat pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI. Aksi ini juga mengedepankan protokol kesehatan dengan jaga jarak, serta segenap peserta harus mengenakan masker.


Sementara, Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati mengatakan aksi tersebut merupakan pemicu secara psikis bagi para tenaga medis di Magelang dalam menanggulangi Covid-19. Menurutnya, selain mempersiapkan SDM rumah sakit yang berkompeten dan sesuai standar, penguatan secara psikis juga sangat penting.


"Penguatan SDM secara psikis ini sangatlah penting, apalagi ke depan RSUD Merah Putih juga sudah ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanggulangan Covid-19," ungkap Leli.


Selain aksi memberi semangat kepada para tenaga medis di halaman RSUD Merah Putih, juga dilakukan penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada sejumlah tenaga medis dan dilanjutkan dengan bagi-bagi masker kepada pengendara sepeda motor di pertigaan Blondo oleh Bawaslu Kabupaten Magelang yang dikawal Polres Magelang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar