Serunya Telusuri Puncak Telomoyo Dengan Jeep

Dilihat 6582 kali
Pemandangan sepanjang jalan menuju Puncak Gunung Telomoyo menggunakan Jeep

BERITAMAGELANG.ID - Mengunjungi Puncak Gunung Telomoyo di perbatasan Kabupaten Magelang, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, begitu menyenangkan dan sangat indah karena menyimpan pesona alam luar biasa. Menuju puncak yang penuh dengan tower tersebut, bisa ditempuh menggunakan sepeda motor dan mobil khusus angkutan wisatawan.


Selama dalam perjalanan, mobil jeep khusus wisatawan berwarna kuning dengan kapasitas lima orang penumpang termasuk sopir itu, melaju dengan kecepatan sangat rendah. Jarak sepanjang 8 Km yang penuh kelok dan tanjangan curam itu, harus ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit.


Puncak Telomoyo  dengan ketinggian 1.894 mdpl itu sangat fantastis karena memiliki Sunrise yang menawan, sehingga sangat direkomendasikan bagi wisatawan, terutama yang hobi foto selfie atau fotografi. Dengan  landscape cekungan yang terdapat pemukiman dan garis terasering membentuk setengah lingkaran.


“Semakin ke atas, pemandangan alamnya semakin bagus, dan gambar yang eksotis. Pesona alamnya, menghapus Lelah dan rasa degdegan (khawatir) selama  perjalanan menuju puncak, dan terbayarkan dengan hamparan pemandangan alam yang sangat mengagumkan dan begitu indah,” ujar wisatawan asal Magelang, Anni Syarifah.


Hamparan perkampungan rumah penduduk,  dikelilingi oleh sawah-sawah dan kebun yang tersaji bak lukisan, dengan latar belalang Gunung Merbabu, Andong, Ungaran, nun jauh di barat ada Gunung Sumbing dan Sindoro, membuat mata tidak Lelah untuk memandang. Apalagi saat puncak gunung tersebut, dihiasi awan yang datang kemudian hilang.


“Jelang puncak, kita disuguhi pemandangan hamparan air yang terdapat gelombang kecil, berupa Rawa Pening yang warna airnya kehijauan nan mempesona. Sangat indah alam pegunungan Indonesia, terutama di Kabupaten Magelang,” ujarnya.


Menuju Puncak Gunung Telomoyo,  wisatawan  dimanjakan oleh pemandangan alam yang  sangat menarik dan indah. Meski awalnya menegangkan selama perjalanan yang berkelok ke puncak Telomoyo, ketika sudah melihat keindahan kanan kiri selama perjalanan, rasa tegang itu langsung hilang seketika.


“Wow banget. Siapaun yang ke sana, akan terhipnotis dengan keindahan alam yang terpampang nyata di depan mata. Bikin fresh,  sumpah bisa bikin rileks setelah berkutat dengan tugas dan rutinitas harian,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Magelang, Aini Habibah yang ikut dalam rombongan ke Puncak Telomoyo.


Dengan background Gunung Andong, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran serta hamparan biru, yakni Rawa Pening yang berada di Ambarawa, menjadikan kunjungan ke puncak Gunung Telomoyo sulit dilupakan.


Cekungan kaki Gunung yang menjadi pemukiman warga dan areal pertanian yang membentuk terasering melengkung, menjadikan kekayaan alam luar biasa. Awan dan kabut yang kadang menyapu, membuat perjalanan begitu menyenangkan, pohon pinus yang menjulang tinggi yang daunnya diterpa angin, seakan ada irama alam yang menjadi teman di sepanjang jalan.


Wisatawan dapat naik hingga ke puncak Gunung Telomoyo dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat. Bahkan ada yang menggunakan sepeda ontel. Saat musim hujan, terdapat air terjun kecil di saat menapaki jalan menuju puncak gunung. Pemandangan di sekitar gunung ini sangat bagus.


Pengelola kendaraan Jeep di Gunung Telomoyo, Mul Budi Santoso menjelaskan, pemandangan alam Gunung Telomoyo sangat bagus dan menjanjikan. Selain bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua, pihaknya juga menyediakan kendaraan roda empat, berupa Jeep yang keamanannya terjamin, karena mobil yang bisa naik harus standar dan prima.


Nantinya, ada 20 mobil Jeep yang siap mengantar ke puncak Gunung telomoyo. Kini baru ada empat unit yang beroperasi, maka untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, akan ditambah lagi.


“Mengingat minat wisatawan naik ke puncak Telomoyo sangat tinggi,” kata Bodrek, panggilan akrab Mul Budi Santoso.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar