Pasar Murah, Lele Dijual 11 Ribu Per Kilogram

Dilihat 2174 kali
Kegiatan pasar murah ikan, untuk tekan stunting.
BERITAMAGELANG.ID - Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang menggelar pasar ikan murah di 10 desa. 10 desa tersebut memiliki angka stunting tertinggi di Kabupaten Magelang. 

"Kegiatan ini dilakukan untuk menggalakkan program gemar makan ikan (Gemarikan) dan menekan angka stunting," kata Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, Sukamtono, Kamis (25/6/2020).

10 desa itu diantaranya Desa Jogoyasan di Kecamatan Ngablak, Mangunrejo di Tegalrejo, Petung di Pakis, Soronalan di Sawangan, Sangen di Kajoran, Candisari dan Desa Ngemplak di Windusari. 

"Desa-desa tersebut, memang menurut data Dinas Kesehatan angka stuntingnya paling tinggi di Kabupaten Magelang," ungkap Sukamtono.

Jenis ikan yang didistribusikan adalah lele dengan sasaran sekitar 2.000 Kepala Keluarga (KK). Mereka dapat membelinya dengan separuh harga yakni Rp 11.000. 

"Harga lele di luar sekitar Rp 22.000 per kg. Untuk pasar murahnya sendiri, dimulai sejak tanggal 24 Juni kemarin dan ditargetkan selesai tanggal 2 Juli mendatang," jelasnya.

Untuk kegiatan ini, pihaknya juga menggandeng para pengusaha lele yang berasal dari Kabupaten Magelang, agar produksinya ikut meningkat. 

"Yang jelas, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya menurunkan angka stunting dan meningkatkan gizi keluarga serta meningkatkan konsumsi ikan keluarga," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar